UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI SEGI HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PADA OMJEK NUSANTARA DI TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

YUDA TRI NOVIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0333

Abstract

ABSTRAK

 

Yuda Tri Novianto : Upaya Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Segi Harga, Promosi, Dan Loyalitas Pelayanan Pada Jasa Omjek Di Tulungagung, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata kunci : Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

 

Omjek merupakan ojek online yang ada di Tulungagung. Omjek memiliki beberapa layanan yaitu OmRide, OmCar, OmFood dan OmMart. Aplikasi Omjek sendiri sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan Omjek diantaranya harga, promosi dan kualitas pelayanan.

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan jasa OmJek di Tulungagung secara parsial (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan promosi terhadap loyalitas pelanggan jasa OmJek di Tulungagung secara parsial. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan jasa OmJek di Tulungagung secara parsial. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan harga, promosi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan OmJek di Tulungagung secara simultan.

            Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatifdan menggunakan Teknik survey. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dari data primer dan data skunder.

            Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa Omjek di Tulungagung. Namun masih ada variabel lain yang belum diteliti dan berpengaruh pada loyalitas pelanggan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain sehingga perusahaan bias mengatasi masalah yang ada dalam perusahaan

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Bandung : Alfabeta

Ardhana, Oldy. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Caesar Semarang)”. Skripsi Fakultas Ekonomi Undip

A, Parasuraman. (2006). The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing,Vol 60.

Ariesto Hadi, Sutopo, 2003, Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta : PT Graha Ilmu

Basu Swastha dan Irawan, 2005. Asas-asas Marketing, Yogyakarta: Liberty

Bilson Simamora. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Edisi 1.Yogyakarta : ANDI

C.M. Lingga Purnama. 2001. Strategic Marketing Plan: Panduan Lengkap dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

Durianto, dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Efendy, M. Zulham , 2015, Jurnal, Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Londre38 di Desa Kanigoro

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet  dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hurryati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kismono, Gugup. 2001. Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan gary Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Jakarta :  PT. Indeks Gramedia

Kotler, Philip. (2005) Manajaemen Pemasaran, Jilid 2 Jakarta : PT INDEKS Kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2010, Manajemen Pemasaran Jakarta : Penerbit Erlagga.

Kotler dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemsaran Jasa, Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Miro, F. 2005 Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencanaan, dan Praktisi. Jakarta : Erlangga.

Pongoh Meysa E. (2013). kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan kartu as telkomsel di kota manado, 86-94

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu  1986. Teori-teori Komunikasi Aubrey Fisher. Bandung : PT.Remaja Karya CV

Shiffman dan Kanuk, 2000, Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks Gramedia

Sugiyono. 2016. Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sunyoto, D. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Caps

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa (Edisi kedua). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy, dan Gregourius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction  Yogyakarta : ANDI

Tjiptono, Fandy, dan Gregourius Chandra .(2006). Manajemen Jasa (Edisi   kelima). Yogyakarta: ANDI

Tjiptono, Fandy, dan Gregourius Chandra .(2008). Manajemen Jasa (Edisi  ketiga). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategi,                                          Yogyakarta : ANDI

Tjahjaningsih ,Endang, 2013, Jurnal Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan    Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan

Zulian, Yamit. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI