ABSTRAK
Yuda Tri Novianto : Upaya Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Segi Harga, Promosi, Dan Loyalitas Pelayanan Pada Jasa Omjek Di Tulungagung, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.
Kata kunci : Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Omjek merupakan ojek online yang ada di Tulungagung. Omjek memiliki beberapa layanan yaitu OmRide, OmCar, OmFood dan OmMart. Aplikasi Omjek sendiri sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan Omjek diantaranya harga, promosi dan kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan jasa OmJek di Tulungagung secara parsial (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan promosi terhadap loyalitas pelanggan jasa OmJek di Tulungagung secara parsial. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan jasa OmJek di Tulungagung secara parsial. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan harga, promosi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan OmJek di Tulungagung secara simultan.
Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatifdan menggunakan Teknik survey. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dari data primer dan data skunder.
Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa Omjek di Tulungagung. Namun masih ada variabel lain yang belum diteliti dan berpengaruh pada loyalitas pelanggan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain sehingga perusahaan bias mengatasi masalah yang ada dalam perusahaan
DAFTAR PUSTAKA
Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Bandung : Alfabeta
Ardhana, Oldy. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Caesar Semarang)”. Skripsi Fakultas Ekonomi Undip
A, Parasuraman. (2006). The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing,Vol 60.
Ariesto Hadi, Sutopo, 2003, Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta : PT Graha Ilmu
Basu Swastha dan Irawan, 2005. Asas-asas Marketing, Yogyakarta: Liberty
Bilson Simamora. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Edisi 1.Yogyakarta : ANDI
C.M. Lingga Purnama. 2001. Strategic Marketing Plan: Panduan Lengkap dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Durianto, dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Efendy, M. Zulham , 2015, Jurnal, Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Londre38 di Desa Kanigoro
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hurryati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Kismono, Gugup. 2001. Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan gary Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Jakarta : PT. Indeks Gramedia
Kotler, Philip. (2005) Manajaemen Pemasaran, Jilid 2 Jakarta : PT INDEKS Kelompok Gramedia
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2010, Manajemen Pemasaran Jakarta : Penerbit Erlagga.
Kotler dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.
Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemsaran Jasa, Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat
Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Miro, F. 2005 Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencanaan, dan Praktisi. Jakarta : Erlangga.
Pongoh Meysa E. (2013). kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan kartu as telkomsel di kota manado, 86-94
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu 1986. Teori-teori Komunikasi Aubrey Fisher. Bandung : PT.Remaja Karya CV
Shiffman dan Kanuk, 2000, Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks Gramedia
Sugiyono. 2016. Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sunyoto, D. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Caps
Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa (Edisi kedua). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, dan Gregourius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction Yogyakarta : ANDI
Tjiptono, Fandy, dan Gregourius Chandra .(2006). Manajemen Jasa (Edisi kelima). Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, Fandy, dan Gregourius Chandra .(2008). Manajemen Jasa (Edisi ketiga). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategi, Yogyakarta : ANDI
Tjahjaningsih ,Endang, 2013, Jurnal Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan
Zulian, Yamit. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.