STRATEGI BAURAN PEMASARAN MOTOR YAMAHA DENGAN ANALISIS SWOT PADA DEALER ARMADA PAGORA JAYA TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

DADANG SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0326

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan ketat baik dengan yang beda merek ataupun satu merek. Sehingga dealer perlu mengenali kekuatan dan kelemahan usaha serta mengetahui peluang serta ancaman yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha. Dengan mengevaluasi faktor internal dan eksternal perusahaan,  akan sangat membantu perusahaan dalam mengenali diri, serta dapat digunakan untuk menyusun strategi untuk meningkatkan tingkat penjualan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan yang akan digunakan untuk membuat strategi guna meningkatkan  penjualan sepeda motor Yamaha didealer Armada Pagora Jaya Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik deskriptif. Pendekatan kualitatif untuk menjelaskan permasalahan yang mencari rating untuk digunakan pada matriks SWOT. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menghitung matriks SWOT.

Dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung berada pada kuadran I (satu) yaitu pada posisi Growth (pertumbuhan). Dengan hasil skor kekuatan 3,96, kelemahan 2.86, peluang 2.36 dan ancaman 1.7. Pada posisi ini dealer Armada Pagora Jaya Tulungagung dapat meningkatkan daya saing produk dengan cara menambah cabang pemasaran produk dan menambah inovasi produk.


Keyword

Evaluasi Faktor Internal (EFI), Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Analisis SWOT, Bauran Pemasaran.

Reference

Sugiono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Amir, M.Taufiq. 2014.Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

David, F.R. 2013. Manajemen Stategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad, S. 2013. Manajemen Strategik Konsep dan Alat Analisis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Pearce dan Robinson. 2014. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Fredy. 2017. Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.

Sujarweni, V.W. 2014. Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2017. Prinsip-PrinsipPemasaran.Edisi13.Jilid 1. Jakarta:Erlangga.


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade