KEPUASAN PELANGGAN NEATCUT BARBERSHOP DI TULUNGAGUNG DITINJAU DARI STORE ATMOSPHERE, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN


Author (Penulis)

WAHYU DWI PRASETIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0323

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh maraknya pertumbuhan bisnis pada jasa pemotongan rambut khusus pria atau yang biasa di kenal dengan barbershop berkembang pesat. Perkembangan ini diketahui dengan meningkatnya jumlah bisnis salon pria yang semakin berkembang dari sebelumnya. Konsumenpun lebih selektif untuk memilih barbershop yang terbaik. Melihat kondisi tersebut menyebabkan para pengusaha salon pria semakin di tuntut untuk mempunyai strategi yang tepat untuk mampu membuat pelanggan yang merasa puas dan tetap bias mempertahankan perusahaannya di tengah persaingan yang semakin ketat.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) menganalisis harga  berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Neatcut Barbershop di Kabupaten Tulungagung 2018 (2) menganalisis kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Neatcut Barbershop di Kabupaten Tulungagung 2018 (3) menganalisis store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Neatcut Barbershop di KabupatenTulungagung 2018 (4) menganalisis harga, kualitas pelayanan, dan store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Neatcut Barbershop di Kabupaten Tulungagung 2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif. Alat analisis yang digunakan Uji asumsiklasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan UjiHipotesis. Dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Harga mempunyai pengaruh signifikan positif kepuasan pelanggan Neatcut Barbershop Tulungagung.(2) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan Neatcut Barbershop Tulungagung. (3) Store atmosphere mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan Neatcut Barbershop Tulungagung. (4) Harga, kualitas pelayanan dan store atmosphere secara simulitan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Neatcut Barbershop Tulungagung.

 

KATA KUNCI :Store Atmosphere, Harga, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Agung, Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic   Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi

 

Ali Hasan. 2009. Marketing. Jakarta: Media Presindo

 

Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

 

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Preaktek. Jakarta: Pt Rineka Cipta

 

Basu, Swastas dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Berman, B., Evans, J.R. ( 2007). Retail management : A strategi approach  ( 10th ad.). New Jersey: pretice Hall Inc.

 

Boone, Louis E dan Kurtz, David L. 2002.Pengantar Bisnis.Jilid ke1.Terjemahan Anwar Fadriyansyah. Jakarta: PenerbitErlangga

 

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke Tiga.Yogyakarta :Andi

 

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

 

Gito sudarmo, Indriyo. 2001. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE

 

Handi, Irawan. 2009, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Kompitindo.

 

Husain, Umar. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

 

Idrus, Muhamad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga

 

Juwandi, HendiIrawan. 2004. Kepuasan PelayananJasa. Jakarta: Erlangga.

 

Kasmir, 2003.Bank Dan Lembaga Keuangan lainya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2009.Manajemen Pemasaran.Edisi13  jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

 

Kotler, Philip. Alih Bahasa Benyamin Molan. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Granmedia.

 

Kolter, Philip.,dan Gary Amstrong. 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro. Jakarta: Indeks

 

Kotler, Philp and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid Edisi MIlinium. Jakarta. Prehall indo

 

Leksanan.2016.Pengaruh Kualitas Pelayanan  Terhadap Kepuasan Pelanggan Arfa Barbershop Perumnas Condongcatur: http://eprints.upnyk.ac.id/11810/1/2%29%20Abstrak.pdf diunduh tanggal 08 JUli 2018

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

 

Martha. 2015. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Salon Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Flaurent Salon Yogyakarta. eprints.uny.ac.id/27712/1/EnggarPuspitaMartha_11408141021.pdf diunduh 09 Juli 2018

MowenJhon  C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. AlihBahasa: DwiKartini. Jakarta: Erlangga

 

Oktrechia. 2015. Analisis Pengaruh Atmosfer Toko, Kualitas Pelayanan dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Barbershop Soopercut Kota Padang. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFEK&page=article&op=view&path%5B%5D=7738 diunduh 10 Juli 2018

Raksiwi. 2015.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Lanang  Barbershop. https://repository.mercubuana.ac.id/9760/diunduh 10 Juli 2018

 

Sandono, Sukirno. 2006. TeoriPengantarEkonomiMikro. EdisiKetiga. Jakarta: Raja grafindo Persada

 

Schnaars, Steven P. 1991. Marketing Strategy : A customer Driven Approach.2and. New York: The Free Prees.

 

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung :Alfabeta

 

_______2012.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

 

_______, 2011.Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,

 

Tjiptono, Fandydan Chandra, Gregorius 2006.Manajemen Pelayanan Jasa,  Yogyakarta: Penerbit Andi

 

Utami, Christina Widhya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: SalembaEmpat

 

______, Christina Widhya.2008.Manajemen Barang Dagangan dalam Bisnis Retail. Malang: Plubising Bayumedia.

 

Zethaml, Valarie, Mary JpBtner, Dwayne D. Grenler. 2013. Service Marketing. McGraw-Hill Iternational Edition

 

Zeithaml, V. et al. 1990. Delivering Quality. 5th Edition, Free Press A Division of Macmillan Inc.

 

DaftarHalamanWeb :

Willaga, heddy.2013.BelajarBisnis Online (Online).Tersedia: https://muhammadazrilsiregar.blogspot.co.id/2013/03/tujuan-fungsi-pelayanan-prima-dan.htm, diunduh 16 Juli 2018


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI