Determinan Atmosfer, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada Es Dawet Ponorogo Pak Darmo Nganjuk


Author (Penulis)

MAYDA WIHARDI VIVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0317

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya industri minuman di kabupaten Nganjuk, yang
mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antar industri minuman. Tujuan dalam penelitian
ini  yaitu  (1)  untuk  mengetahui  atmosfer  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  loyalitas
pelanggan  pada  Es  Daawet  Ponorogo  Pak  Darmo  Nganjuk  (2)  untuk  mengetahui  kualitas
pelayanan  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  pada  Es  Dawet
Ponorogo  Pak  Darmo  Nganjuk  (3)  untuk  mengetahui  citra  merek  berpengaruh  secara
signifikan  terhadap loyalitas  pelanggan  pada  Es  Daawet  Ponorogo  Pak  Darmo  Nganjuk  (4)
untuk  mengetahui  atmosfer,  kualitas  pelayanan,  citra  merek  berpengaruh  secara  signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada Es Daawet Ponorogo Pak Darmo Nganjuk.   Penelitian ini
menggunakan  pendekatan  kuantitatif.  Metode  pengambilan  sampel  menggunakan  teknik
purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang
digunakan  yaitu  teknik  kausalitas.  Alat  analisis  yang  digunakan  yaitu  Uji  Asumsi  Klasik,
Analisis  Regresi  Linier  Berganda,  Uji  Koefisien  Determinasi  dan  Uji  Hiotesis.  Dengan
bantuan  program  SPSS  For  Windows  Versi  24.  Kesimpulan  hasil  penelitian  ini  adalah  (1)
variabel  atmosfer  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  (2)  variabel
kualitas  pelayanan  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  loyalitas  pelanggan  (3)  variabel
citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) variabel atmosfer,
kualitas pelayanan, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan.


Keyword

a

Reference

Aaker, D. A. (2010).  Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra  Utama.
Alma,  B. (2016).  Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:  Alfabeta.
Daryanto.  (2014).  Pendekatan  Pembelajaran  Kurikulum  2013.  Yogyakarta:  Penerbit  Gava
Media.
Ghozali,  I. (2013).  Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.  Semarang:
Badan Penerbit  Universitas  Diponegoro.
Harahap,  Z.,  Soegoto,  A.  S.,  &  Rotinsulu,  J.  J.  (2014).  Citra  Merek,  Ekuitas  Merek,  dan
Kualitas  Pelayanan  terhadap  Loyalitas  Konsumen  pada  Produk  Indomie  di
Kecamatan  Malalayang  1  Barat  Manado.  Jurnal  EMBA,  (online), Vol.2 No.2 : 859-870,  tersedia  :  (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/articel/view/4423),
diunduh   16 Noveber 2017
Harianto, D., & Subagio, H. (2013).  Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan
Atmosfer  terhadap  Loyalitas  Konsumen  sebagai  Variabel  Intervening  Konsumen
Kedai  Deja-vu  Surabaya.  Jurnal  Manajemen  Pemasaran,  (online),  Vol.1  No.1  :  1- 8,
tersedia  :  h ttps://media.neliti.com ,  diunduh  pada 17 November  2017
Hurriyati,  R. (2012).  Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:  Alfabeta.
Ismail,  M.  (2012).  Strategi  Pemasaran  untuk  Membangun  Citra  dan  Loyalitas  Merek  .
Bogor:  PT Penerbit  IPB Press.
Lamb, C. W., Hair,  J. H., & Mcdaniel,  C. (2012).  Pemasaran. Jakarta: Salemba  Empat.
Payangan,  O. R. (2014).  Pemasaran Jasa Pariwisata.  Bogor:  PT Penerbit  IPB Press.
Purnamasari, N. D., & Hidayat, A. M. (2016).  Analisis Store Atmosphere terhadap Loyalitas
Pelanggan  pada  Warung  Misbar  Bandung  2016.  Jurnal  e- Proceeding  of  Applied
Science,  (online),  Vol.2,  No.2  :  441- 447,  tersedia  :  openlibrary.telkomuniversity.ac.id.
diunduh  pada  17 November 2017
Rahmadi. (2017).  Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk  terhadap Loyalitas Pelanggan
Salbutamol  Nebules.  Jurnal  MONEX,  (online),  Vol.6  No.2  :   315- 326.  tersedia  :
https://ejournal.poltektegal.ac.id,  diunduh  pada 15 November  2017  
Rorimpandey, J. N., Sepang, J. L., & Arie, F. V. (2017).  Analisis Pengaruh Store Atmosphere
dan Keanekaragaman Produk terhadap Loyalitas Konsumen di Cafe Back Coffe &
Roastry.  Jurnal  EMBA,  (online),  Vol.5  No.2  :  893- 900,  tersedia
: https://ejournal.unsart.ac.id,  diunduh  pada 15 November 2017
Solichin, I. A. (2016).  Pengaruh Kualitas  Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran
Quick  Chiken  Jawa  No.  63  Jember  Tahun  2016.  Jurnal  Pendidikan  Ekonomi,
(online),  Vol.11  No.1  :  61- 66,  tersedia  :  https://ju rnal.unej.ac.id,  diunduh  pada  16
November  2017
Sudaryono.  (2016).  Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta:  Andi
Offset.
Sugiyono.  (2015).  Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D . Bandung:  Alfabeta.
Syoalehat,  Q.  N.,  Azizah,  S.,  &  Kusumastuti,  A.  E.  (2016).  Pengaruh  Citra  Merek  (brand
image)  terhadap  Loyalitas  Konsumen  Bakso  Bakar  Pak  Man  Kota  Malang.  Jurnal
Ilmu - Ilmu  Peternakan,    (online),  26(3)  :  20- 26,  tersedia  :  http://jiip.ub.ac.id/,  diunduh
pada 17 November  2017
Tjiptono,  F. (2012).  Pemasaran Strategik. Yogyakarta:  Andi  Offset.
Tjiptono,  F. (2016).  Pemasaran Esensi dan Aplikasi.  Yogyakarta:  Andi  Offset.
Utami,  C.  W.  (2017).  Manajemen  Ritel  Strategi  dan  Implementasi  Ritel  Modern.  Jakarta:
Erlangga.
Widodo,  J.  (2016,  Juni  8).  Ptensi  Besar  UKM  Industri  Makanan-Minuman.  Retrieved  from
www.presidenri.go.id/berita- aktual/potensi - besar- ukm - industri - makananminuman.html,  diakses 24 April  2018


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI