ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya industri minuman di kabupaten Nganjuk, yang
mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antar industri minuman. Tujuan dalam penelitian
ini yaitu (1) untuk mengetahui atmosfer berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas
pelanggan pada Es Daawet Ponorogo Pak Darmo Nganjuk (2) untuk mengetahui kualitas
pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Es Dawet
Ponorogo Pak Darmo Nganjuk (3) untuk mengetahui citra merek berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Es Daawet Ponorogo Pak Darmo Nganjuk (4)
untuk mengetahui atmosfer, kualitas pelayanan, citra merek berpengaruh secara signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada Es Daawet Ponorogo Pak Darmo Nganjuk. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik kausalitas. Alat analisis yang digunakan yaitu Uji Asumsi Klasik,
Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hiotesis. Dengan
bantuan program SPSS For Windows Versi 24. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)
variabel atmosfer berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2) variabel
kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) variabel
citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) variabel atmosfer,
kualitas pelayanan, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Aaker, D. A. (2010). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava
Media.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, Z., Soegoto, A. S., & Rotinsulu, J. J. (2014). Citra Merek, Ekuitas Merek, dan
Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Indomie di
Kecamatan Malalayang 1 Barat Manado. Jurnal EMBA, (online), Vol.2 No.2 : 859-870, tersedia : (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/articel/view/4423),
diunduh 16 Noveber 2017
Harianto, D., & Subagio, H. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan
Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen sebagai Variabel Intervening Konsumen
Kedai Deja-vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, (online), Vol.1 No.1 : 1- 8,
tersedia : h ttps://media.neliti.com , diunduh pada 17 November 2017
Hurriyati, R. (2012). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Ismail, M. (2012). Strategi Pemasaran untuk Membangun Citra dan Loyalitas Merek .
Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Lamb, C. W., Hair, J. H., & Mcdaniel, C. (2012). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Payangan, O. R. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Purnamasari, N. D., & Hidayat, A. M. (2016). Analisis Store Atmosphere terhadap Loyalitas
Pelanggan pada Warung Misbar Bandung 2016. Jurnal e- Proceeding of Applied
Science, (online), Vol.2, No.2 : 441- 447, tersedia : openlibrary.telkomuniversity.ac.id.
diunduh pada 17 November 2017
Rahmadi. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan
Salbutamol Nebules. Jurnal MONEX, (online), Vol.6 No.2 : 315- 326. tersedia :
https://ejournal.poltektegal.ac.id, diunduh pada 15 November 2017
Rorimpandey, J. N., Sepang, J. L., & Arie, F. V. (2017). Analisis Pengaruh Store Atmosphere
dan Keanekaragaman Produk terhadap Loyalitas Konsumen di Cafe Back Coffe &
Roastry. Jurnal EMBA, (online), Vol.5 No.2 : 893- 900, tersedia
: https://ejournal.unsart.ac.id, diunduh pada 15 November 2017
Solichin, I. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran
Quick Chiken Jawa No. 63 Jember Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi,
(online), Vol.11 No.1 : 61- 66, tersedia : https://ju rnal.unej.ac.id, diunduh pada 16
November 2017
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi
Offset.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta.
Syoalehat, Q. N., Azizah, S., & Kusumastuti, A. E. (2016). Pengaruh Citra Merek (brand
image) terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang. Jurnal
Ilmu - Ilmu Peternakan, (online), 26(3) : 20- 26, tersedia : http://jiip.ub.ac.id/, diunduh
pada 17 November 2017
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta:
Erlangga.
Widodo, J. (2016, Juni 8). Ptensi Besar UKM Industri Makanan-Minuman. Retrieved from
www.presidenri.go.id/berita- aktual/potensi - besar- ukm - industri - makananminuman.html, diakses 24 April 2018