ABSTRAK
Latarbelakang dalam penelitian ini adalah usaha bisnis pangan mengalami perkembangan cukup pesat pada beberapa tahun terakhir ini dengan berbagai macam bentuk dan jenisnya.Kondisi seperti ini menambah daftar jumlah pelaku usaha dalam memenuhi kebutuhan konsumen, seperti usaha makanan dan minuman.Toko roti Paapa Donat Nganjk adalah salah satu pelaku usaha yang bergerak dalam bisnis makanan di wilayah Nganjuk.meskipun usaha yang di miliki pak Yoyok ini tidak terlalu besar, tetapi Paapa Donat sudah memiliki cabang dan penjualan produknya sudah sampai keluar kota.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) periklanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat (2) promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat (3) direct marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat (4) pengaruh promosi (iklan, promosi penjualan dan direct marketing) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis deskriptif.Populasi yang diambil adalah seluruh konsumen yang membeli di toko roti Paapa Donat dengan mengambil sampel sejumlah 40 responden.Sumber data didasarkan pada dua jenis data yaitu data sekunder dan data primer.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuisioner/angket secara langsung kepada responden.Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yang menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Periklanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat Nganjuk.(2) Promosi Penjualan Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian pada toko roti Paapa Donat Nganjuk. (3) Direct marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat Nganjuk. (4) Secara simultan Periklanan, Promosi Penjualan dan Direct Marketng berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko roti Paapa Donat Nganjuk.
Kata Kunci :Periklanan, Promosi Penjualan, Direct Marketing dan Keputusan Pembelian.
Daftar Pustaka
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta
Aulia. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Consumen Roti Aloha Perumahan Gnung Kidul Jember). Jurnal Mahasiswa. (online). Tersedia: http://digilib.unmuhjember.ac.id/files/disk1/47/umj-1x-nurauliaag-2331-1-jurnals-a.pdf. diunduh pada 05 Mei 2018
Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Febriyan, Z.A & Fransisca. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). Jurnal Mahasiswa. (Online). Diakses pada 09 April 2018
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23.Semarang : Universitas Diponegoro.
Hendria, Repiyanti. 2013. Pengaruh Program Direct Marketing Terhadap Keputusan Menggunakan Meeting Package Grand Hotel Lembang.Skripsi. Bandung: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Pendidikan Indonesia
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran.Edisi 12.Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Morissan, MA. 2010. Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Repiyanti, E.A & Dewi Pancawati. 2014. Pengaruh Program Direct Marketing Terhadap Keputusan Menggunakan Meeting Package Grand Hotel Lembang (Survei pada tamu Bisnis di Grand Hotel Lembang). Jurnal Mahasiswa. (Online). Tersedia: https://m-id.123dok.com/document/yevw2x0z-pengaruh-program-direct-marketing-terhadap-keputusan-menggunakan-meeting-package-grand-hotel-lembang.html. Diunduh pada 16 april 2018
Sahputra, I. & Winata.2016. Pengaruh Bauran Promosi (Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Periklanan) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Mahasiswa. (Online). Tersedia: http://repository.umrah.ac.id/432/ diunduh pada 13 April 2018
Saladin, Djaslim. 2008. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Setiadi, J Nugroho. 2011. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&B. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Cv Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi IV. Yogyakarta:Cv Andi Offset
Usaha Bakery. 2016. Sejarah Cake. http://usahabakery.com/sejarah-cake/. Diakses pada 05 juni 2018.