Analisi SWOT dalam menentukan strategi bersaing PR. Araya Tulungagung


Author (Penulis)

ANGGI YULI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0309

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan dan berkembangnya ekonomi serta kegiatan bisnis, membuat perusahaan tidak bisa menghindari persaingan global. Persaingan industri di Indonesia menyebabkan para pelaku usaha berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas, ragam produk, model produk, dan atribut produk dalam rangka memenuhi keinginan konsumen. Namun semua itu tak bisa lepas dari masalah-masalah yang dialami oleh perusahaan. Masalah internal maupun masalah eksternal sangat memengaruhi kehidupan perusahaan. Untuk itulah perusahaan harus mengetahui strategi bersaing apa yang cocok dengan kondisi perusahaannya saat ini.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi bersaing Perusahaan Rokok Araya Tulungagung serta untuk mengetahui strategi bersaing yang tepat untuk Perusahaan Rokok Araya Tulungagung melalui analisis SWOT.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 5 orang dengan taknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Rokok Araya Tulungagung berada di kuadran III, yaitu turn-off. Maka strategi bersaing yang tepat untuk Perusahaan Rokok Araya Tulungagung adalah W – O, yaitu memanfaatkan peluang yang ada untuk mengimbangi kelemahan perusahaan.

 

KATA KUNCI  : Strategi Bersaing, SWOT.


Keyword

a

Reference

Amstrong dan Philip Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

 

Anthony Dio Martin. 2003. Emotional Quality Management, Cetakan Kedua. Arga, Jakarta.

 

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

 

Ascarya. 2008. Akad&Produk Bank Syariah. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

 

Budiono. 2002. Ekonomi Mikro Seri Sinopsis: Pengantar Ilmu Ekonimi No. 1. BPFE, Yogyakarta.

 

Damodar N., Gujarati dan Dawn C. Porter. 2009. Basic Econometric 5th Edition. McGraw —Hill: New York.

 

Fred R. David. 2009. Manajemen Strategis. Salemba Empat, Jakarta.

 

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. BPFE, Yogyakarta.

 

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. ANDI, Yogyakarta.

 

Rangkuti, Freddy. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

 

Rangkuti, Freddy. 2008. The Power of Brands. Penerbit Gramedia, Jakarta.

 

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

 

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

 

Sumihardjo, Tumar. 2008. Daya Saing Berbasis Potensi Daerah. Fokusmedia, Bandung.Sutjipta, I. N. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Udayana, Bali.

 

Tarigan, S. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Bumi Aksara, Jakarta.

 


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI