ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa toko Ghanie Lee Shop mempunyai persaing bisnis serupa di kecamatan mojo persaingan tersebut meliputi persaingan dalam meningkatkan pelayanan, dalam ketersediaan bermacam macam produk dan persaingan dalam penetapan harga yang terjangkau dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, pihak perusahaan dituntut untuk lebih berperan dalam menyiapkan strategi terbaik agar tercipta pelanggan yang puas sehingga mampu mencapai sasaran pencapaian tujuan perusahaan yang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri (2) pengaruh yang signifikan antara keragaman produk terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri (3) pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri (4) pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, keragaman produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian ini adalah asosiatif kasual dengan teknik sampling non probability sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan teori Roscoe dimana anggota sampel 10 kali jumlah variabel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan teknik analis data yang diunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas menggunakan software SPSS for windows versi 23.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri (2) Ada pengaruh yang signifikan antara keragaman produk terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri (3) Ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, keragaman produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan toko Ghanie Lee Shop Kediri.
KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Harga dan Kepuasan Pelanggan
Ruggieri, A. Dan C. Silvetri. 2014 . Quality and Customer Statification: RelationShip and Customer Behaviour. A Case Study. International Jurnal of Managerial Studies and Reshearch (IJMSR) 2 (10): 23.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajement Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Tjiptono Fandi dan Gregorius Candra. 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, Andi.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Pradita dan Ariani. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan SOGO Department Store
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Noor Fuad. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra
Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Ritel Amin Jaya Jepara. Semarang: Universitas Diponegoro.
Mudzakir. 2015. Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Indomaret Kecamatan Sukun Kabupaten Malang. Malang: Universitas Kanjuruhan.
Rostya. 2012. Analis Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Waroeng Special Sambal Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro