ANALISIS FOOD QUALITY, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BAKSO JOSS PAK SUGENG BANDAR KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

IDA NURYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0300

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang ketat dalam bisnis kuliner menyebabkan pelaku usaha agar memiliki keunggulan kompetitif agar bisa bersaing dengan bisnis kuliner lainnya dan dengan adanya tarif yang bebas pada Bakso Joss Bandar, sehingga konsumen melakukan pembelian ulang secara teratur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara  food quality terhadap kepuasan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar (2) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar (3) Pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadapkepuasan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar (4) Pengaruh signifikan antara food quality, harga, dan kualitas layanan terhadap kepuassaan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini bersifat kausal.  Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS versi 21.

Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: (1) Food quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuassan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar (3) Kualitas layanan berpengaruh signifikan  terhadap kepuassan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar (4) Fooq quality, harga, dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Bakso Joss Pak Sugeng Bandar.

                                                                                                                                      

KATA KUNCI  :  Food Quality, Harga, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Konsumen

 

 


Keyword

a

Reference

Dimas Ari Purnama, 2016.Pengertian produk, Harga, Kualitas Pelayanan.Diambil dari http://dimasapurnama25.blogspot.co.id/2016/09/ekonomi.html?m=1

Garwin dan Tjiptono, 2016.8 Dimensikualitas produk. Diambil dari http://www. ilmu-ekonomi-id.com/ 2016/11/8-dimensi-kualitas-produk-menurut-garwin-dan-tjiptono.html?m=1

Ghozali, Imam2014.Analisis Multivariatedengan Program SPSS, Edisi Ketiga Jakarta. PT. Elex

Kotler, Philip & Armstrong.2013. Prinsip – Prinsip Pemasaran.  Jakarata: ErlanggaNasution.2005. Manajemen Produksi.Jakarta: Granmedia

Lestari nunik, 2017. Teori Kepuasan Konsumen. Diambil dari http:// lestarinunik.blogspot.co.id/2017/01/teori-kepuasa-konsumen.html?m=1

Potter , Norman N, and Joseph H Hotchkiss. 2012. Food Science 5th Edition. New York : Chapman & Hall.

Rostya adi dan Yoestini,2012.  Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study kasus pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang). Semarang : Diponegoro Business Review Vol.1,No.1.

Ryan Nur Hartanto, 2010.  Analisis Pengaruh Harga, Produk, Keberihan  dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study kasus pada  Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang). Semarang : Diponegoro Business Review Vol.1,No.2.

Sasongko dan Subagio, 2013. Pengaruh Service Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-7.

Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi.Yogyakarta, Cv         Andi Offiset.

Sugianto dan Sugiharto, 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-10.

Sugiyono.2015.Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.

Sunyoto Danang.2014.Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta. CAPS(Center Academic Publishing Service).

Supranto.2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk menikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta,2011.Cet 4

Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran (edisi 4). Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran (edisi III). Yogyakarta: Andi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI