DETERMINAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. GEMMY MULYA (GM) ONYX TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

LILA WATUL RENSI ARINDHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0296

Abstract

Latarbelakang dalam penelitian ini adalah perkembangan bisnis industri kerajianan yang semakin pesat membuat persaingan bisnis meningkat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Agar perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh variabel produk, harga, promosi, dan distribusi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada CV Gemmy Mulya Onyx Tulungagung? (2) pengaruh variabel produk, harga, promosi, dan distribusi secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Variabel bebas dari penelitian ini adalah produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan distribusi (X4), dengan variabel terikat adalah keputusan pembelian (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada CV Gemmy Mulya Onyx. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode pengambilan sampel secara sampling insidental. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan Software SPSS for windows versi 21.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (5) produk, harga, promosi, dan distribusi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

 

KATA KUNCI  : produk, harga, promosi, distribusi, dan keputusan pembelian.


Keyword

a

Reference

Aji, N. 2018. Marmer Tulungagung Mendunia Tapi Juga Mencekam. (Online), tersedia: https://nusantara.news/marmer-Tulungagung-mendunia-tapi-juga-mencekam.com, diunduh 25 Maret 2018.

 

Akbar, M.N. 2011. Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Mebel pada PT. Nadira Prima di Semarang. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, (Online), tersedia: http://ejournal-s1.undip.ac.id. diunduh 16 April 2018.

 

Angipora, M.P. 2010. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan.             Kedua. Jakarta:  PT. Raja Grafindo Persada.

 

Ariyanti, R.I. & Budianto, F. Strategi Peningkatan Pemasaran Perusahaan Marmer MM Galeri di Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa, (Online), (2):24-42, tersedia: http://jurnal.untag-sby.ac.id., diunduh 25 Maret 2018.

 

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

 

Ghofar, A. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Baju Batik CV. Danaris Home Industry di Pemalang. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, (Online), tersedia: http://eprints.dinus.ac.id.,  diunduh 02 April 2018.

 

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ginting, N.F.H. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung: Yrama Widya.

 

Gitosudarmo, I. 2008. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

 

Hassan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

 

Jurnalis. 2017. Industri Kerajinan Makin Bertaji Ekonomi Kreatif Bisa Jadi Poros Baru. (Online),tersedia: www.koransindo.com. Diunduh 25 Maret 2018.

 

Kotler, P. & Keller, K.L. 2009. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

 

Leon, S. & Kanuk, L.L. 2008. Perilaku Konsumen.. Jakarta: PT. Indeks.

 

Nuha, A.L.D. & Sutopo. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Mebel pada CV. Munawir Furniture di Jepara. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, (Online), tersedia: http://ejournal-s1.undip.ac.id.id//index.php/dbr, diunduh 21 April 2018.

 

Pangayoman, K. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kerajinan Marmer Di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Jurnal UGM, (Online), tersedia: http://lib.geo.ugm.ac.id., diunduh 14 April 2018.

 

Priansa, D.J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

 

Santosa, P.B. & Hamdani, M. 2007. Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.

 

Setyorini, E. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian pada Paradiso Furniture Kediri. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 16 April 2018.

 

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

 

Sudijono, A. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

 

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press.

 

Tamayani, E. 2015. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 20 April 2018.

 

Tjiptono, F, G. Chandra, dan D. Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

 

Wulandari, S.D. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 20 April 2018.

 

Yohanes, D. 2014. Lima Periode Perkembangan Marmer Tulungagung. (Online), tersedia: http://surabaya.tribunnews.com, diunduh 25 Maret 2018.

 

 


PUBLISHED

2018-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI