Perencanaan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Minuman Kesehatan Pada UD Pemanah Sakti Abadi Kediri


Author (Penulis)

MUHAMMAD SURYO BUDI HARJO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0294

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses perencanaan pengadaan material yang belum menggunakan metode khusus, dan penentuan jumlah material yang dibutuhkan hanya berdasarkan urutan kegiatan yang dibuat berdasarkan pengalaman. Permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut dapat menghambat kelancaran dan ketepatan waktu penyelesaian produk yang dihasilkan.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan metode Material Requirment Planning (MRP) pada perusahaan UD Pemanah Sakti Abadi dalam merencanakan persediaan bahan baku. (2) Untuk mengetahui penentuan jumlah persediaan bahan baku dan komponen dalam memenuhi target

Teknik penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah UD Pemanah Sakti Abadi dan obyeknya adalah bagian persediaan produk sirup rasa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga hal yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisa data menggunakan perhitungan metode analisis Material Requirement Planning (MRP).

Kesimpulan dalam penelitian ini diketahui bahwa perencanaan pengadaan produk sirup sari rasa bulan Juni 2018 yaitu sebesar  5782 botol. Dengan perencanaan pengadaan produk sebesar 5782 botol maka perusahaan harus menyediakan jumlah persediaan bahan baku dengan komponen-komponen yaitu air sebanyak 6.938,4 liter, 578,2 kg, garam 2.891 gram, 5.782 ml sodium siklamat, 404,74 gram natrium benzoat. Sedangkan untuk esence setiap rasa berbeda-beda tergantung pada jumlah permintaan akan produk tersebut. Dimana Esense untuk anggur sebesar 12.550 ml, anggur 6.155 ml, dan Beras Kencur sebesar 10,205 ml. Jadi, setelah diketahui jumlah kebutuhan bersih dari setiap material yang ada, maka selama satu bulan proses produksi dilakukan dengan menyiapkan kebutuhan yang belum tersedia dan mengerjakan atau memproses material-material yang ada menjadi barang jadi. Dengan begitu, tidak akan mengalami keterlambatan pengiriman karena jadwal produksinya telah disusun secara benar

 

 

 

Kata Kunci : Persediaan, Perencanaan Persediaan Bahan Baku, MR

 


 


Keyword

Persediaan, Perencanaan Persediaan Bahan Baku, MRP

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofjan. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Revisi . Jakarta : LPFE-UI

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi 2008). Jakarta : Indeks.

Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi pencapaian sasaran organisasi berkesinambungan, Edisi 3. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Emawati, Margarita Novi. 2010. Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Pada Proses Produksi Pada Buku BSE (Buku Sekolah Elektronik) IPS Dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) Pada PT. Nyata Grafika Media Surakarta. Jurnal.

Heizer, Jay & Render, Berry. 2015. Manajemen Operasi : manajemen keberlangsungan dan rantai pasokan, Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.

Wahyuni, Asvin dan Achmad Syaichu 2015. Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai Pada Perusahaan Gangsar Ngunut-Tulungagung. Jurnal.


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade