Analisis Faktor-Faktor Persepsi Kualitas, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Tasya Cake Tulungagung


Author (Penulis)

NILAM FEBIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0292

Abstract

ABSTRAK

 

Perkembangan bisnis berkembang begitu pesat, dimana perkembangan pesat tersebut juga mengalami metamorfosis yang berkesinambungan, yang mengakibatkan adanya perubahan pola dan cara para pesaing dalam mempertahankan bisnisnya terutama bisnis kuliner. Dengan cara mempertimbangkan beberapa faktor yaitu persepsi kualitas, harga yang terjangau dan kepuasan pelanggan mengenai produk yang ditawarkan serta faktor lain yang mendukung pelanggan untuk melakukan pembelian secara berulang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan antara persepsi kualitas terhadap minat beli ulang pada Tasya cake (2) Pengaruh signifikan antara harga  terhadap minat beli ulang pada Tasya cake (3) Pengaruh signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang pada Tasya cake (4) Pengaruh signifikan antara persepsi kualita, harga dan kepuasan pelanggan secara simultan  terhadap minat beli ulang pada Tasya cake.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini bersifat kausal. Teknik pengambilan sampel adalah Insidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 23.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa (1) Persepsi kualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pada Tasya cake. (2) Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pada Tasya cake. (3) Kepuasan pelangga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pada Tasya cake. (4) Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 27,685 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi kualitas, harga dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang.

 

 

KATA KUNCI  : Persepsi Kualitas, Harga, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

 

Denniswara. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Intensi Membeli Ulang Produk My Ideas. Surabaya. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, (Online),  Vol 1, No 4, Oktober 2016, tersedia: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/viewFile/225/208, diunduh 10 April 2018.

 

Luftiani. 2016. Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Merek Toko (Studi Kasus Pada Konsumen Bio Organik Di Supermarket Superindo Yogyakarta). Yogyakarta. Manajemen. Skripsi. Tidak dipublikasikan. (Online), tersedia: http://eprints.uny.ac.id, diunduh 10 April 2018.

 

Faradiba dan Astuti .2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Semarang. Diponegoro  Journal Of Management (Online), Vol 2, No3, Tahun 2013, Hal 1-11. tersedia: https://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom, diunduh 10 April 2018.

 

Hidayat, A. Bisnis roti dan kue Indonesia bertumbuh 10%. https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-roti-dan-kue-indonesia-bertumbuh-10, di akses 05 April 2018.

Kotler, P., and Amstrong. G. (2012) Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Kotler, dan keller. (2012) Manajemen Pemasaran Edisi 12. Erlangga. Jakarta.

 

Priansa, Doni J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

 

Rizki. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Shibuya Resto Citraland Mall Semarang. Semarang. Manajemen. Skripsi. Tidak dipublikasikan. (Online) tersedia: http://eprints.dinus.ac.id/8660/1/jurnal_12946.pdf,  diunduh 10 April 2018.

 

Rusdi, Andri . 2012. Pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang konsumen (Studi Kasus Pada Resep Moyong Cafe And Resto). Bandung. Bisnis dan Manajemen. Tidak dipublikasikan. (Online) tersedia:  https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4752, diunduh 10 April 2018.

 

Tjiptono, Fandi. 2012. Strategi Pemasaran (edisi III ). Yogyakarta: ANDI.

 

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: ANDI.

 

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

 

 


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI