KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DITINJAU DARI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UN PGRI KEDIRI TAHUN 2018


Author (Penulis)

DWI ATIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0289

Abstract

ABSTRAK

 

Dwi Atikasari: Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Ditinjau dari Harga, Kualitas Produk dan Promosi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2018

 

Latarbelakang dalam penelitian ini adalah perkembangan bisnis teknologi yang semakin pesat membuat persaingan bisnis meningkat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Agar perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh variabel harga, kualitas produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa program studi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2018? (2) pengaruh variabel harga, kualitas produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Variabel bebas dari penelitian ini adalah harga (X1), kualitas produk (X2), dan promosi (X3), dengan variabel terikat adalah keputusan pembelian (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun 2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan metode pengambilan sampel secara sampling insidental. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan Software SPSS for windows versi 23.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) harga, kualitas produk, dan promosi, secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

KATA KUNCI: harga, kualitas produk, promosi, dan keputusan pembelian


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Aji, N. 2018. Marmer Tulungagung Mendunia Tapi Juga Mencekam. (Online), tersedia: https://nusantara.news/marmer-Tulungagung-mendunia-tapi-juga-mencekam.com, diunduh 25 Maret 2018.

 

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

 

Anastasia Nadia, Suharyono, Kadarisman Hidayat. 2015. Analisis Faktor Pembentuk Atribut Produk yang Mempengaruhi Keputusan

 

Pembelian Smartphone Android (Survei Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang Pengguna Smartphone Android Samsung). Skripsi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 25  No. 1 Agustus 2015. Malang: Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Assael, Henry. 2010. Consumer Behaviour and Marketing Action. Edition International. New York: Thompson Publishing.

 

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

 

Defriansyah Doni, Islahuddin Daud dan Welly Nailis. 2016. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya). JEMBATAN - Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan Tahun XIII No 2, Oktober 2016. Indralaya: Universitas Sriwijaya Indralaya.

 

Dinawan. 2010. Kualitas Produk: Alat Strategi yang Penting, Free Press. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Fakultas Ekonomi. 2018. Fakultas Ekonomi Profil (online) Tersedia: http://fe.unpkediri.ac.id/ Diakses 25 November 2017. 11.01 WIB.

 

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ginting, Hartimbul dan Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.

 

Gitosudarmo, Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. (Edisi kedua, cetakan kedua). Yogyakarta: BPFE.

 

Guntur M, Effendi. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.

 

Hansen, Don R. dan Mowen, Maryanne M. 2011. Akuntansi Manajerial. (Buku 2 Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat.

 

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

 

Khakim, Muhammad Luthfi. 2015. Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Kota Semarang. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

 

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. (Edisi 10). Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Edisi 12 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. (Edisi 14). Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

 

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. (Edisi Dua). Jakarta: Salemba Empat.

 

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

 

Noegraha, Anton. 2015. Tentang Oppo (online). Tersedia: http://tentang-oppo.blogspot.co.id/2015/11/sejarah.html Diakses 06 April 2018. 21.15 WIB.

 

Pranata, Yefta Aditya. 2015. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Gadget Android Samsung. (online). Tersedia: simki.unpkediri.ac.id. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diunduh pada tanggal 23 April 2018. 15.47 WIB.

 

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

 

Rameune. 2017. 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia, Punya Kamu Peringkat Berapa? (online) Tersedia: https://www.rameune.com/5-besar-merek-smartphone-di-indonesia/ Diakses 20 April 2018. 19.47 WIB.

 

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

 

Setiadi. 2013. Konsep dan Praktek Penulisan Riset Keperawatan. (Edisi 2). Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: CV. Alfabeta.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

 

Suti, Intan. 2010. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap keputusan pembelian Handphone Esia. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

 

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

 

 

 

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. (Edisi 2). Yogyakarta: Andi Offset.

 

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

 

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

 

Widiyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Yusuf, Oik. 2017. Daftar 5 Besar Merek Smathphone di Indonesia (online) Tersedia: https://tekno.kompas.com/read/2017/11/23/08410067/daftar-5-besar-merek-smartphone-di-indonesia Diakses 20 April 2018. 19.43 WIB.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI