ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA KUALITAS PELAYANAN OJEK ONLINE DAN OFFLINE DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

EKY ASTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0286

Abstract

ABSTRAK

 

Eky Astikasari: Perbandingan Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Ojek Online dan Offline di Kota Kediri. Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap jasa transportasi ojek online/Gojek dan ojek offline/konvensional. Kehadiran Gojek dengan kualitas layanannya yang modern dan mengedepankan kepuasan konsumen menciptakan permasalahan dan persaingan ekonomi dengan ojek konvensional dalam mendapatkan penumpang.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa ojek online di Kota Kediri? (2) Seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa ojek offline di Kota Kediri? (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen yang  menggunakan jasa layanan ojek online dengan konsumen yang menggunakan jasa layanan ojek offline di Kota Kediri?.

Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling Method atau Insidental Sampling dengan 30 responden pengguna Gojek dan ojek konvensional. Analisis penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif pada indikator SERQUAL dengan Uji Independet T-test dan Uji Normalitas yakni Uji Kolomogorov Smirnov dan Uji Levene.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian menunjukkan, (1) Perhitungan tingkat kepuasan konsumen ojek online/Gojek menunjukkan prosentase sebesar 79,78%. (2) Perhitungan tingkat kepuasan konsumen ojek offline/konvensional menunjukkan prosentase kepuasan sebesar 73,04%. (3) Berdasarkan hasil Uji Independent T-test  dengan signifikansi sebesar 0,001 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan siginifikan antara kepuasan konsumen menggunakan jasa ojek online Gojek dan ojek offline di Kediri.

 

 

 

 

 

 

KATA KUNCI  : Kepuasan Konsumen, Kualitan Pelayanan


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Azra. 2014. Metode Penelitian Survei. Bogor: In Media.

Farida, F.I,. 2011. Analisis Kepuasan pelanggan Terhadap Kualitas pelayanan Jasa Kereta Apri Ekspres Pakuan Jabodetabek (Studi Kasus Kereta Api Ekspres Pakuan Bogor-Jakarta). Skripsi. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Go-jek. (online). tersedia: https://www.go-jek.com/, diunduh 16 April 2018.

Hartono. 2011. SPSS 16.0.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasan, A. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Info Driver. (online). tersedia: https://driver.go-jek.com/, diunduh 16 April 2018.

Kotler, P. & Amstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kristo, F.Y. 2017. Awal Mula Transportasi Online Menjamur di Indonesia. (online). tersedia: https://m.detik.com, diunduh 16 April 2018.

Lupiyoadi, R. & Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz. 2010. Statistik Deskriptif. Jakarta: Fitramaya

Mar’ati, N.C & Sudarwanto, T. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan pelanggan Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek di Surabaya). Jurnal Mahasiswa, (Online), (1):1-12, tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, diunduh 13 April 2018.

Rachmat. 2018. Ojek. (Online). tersedia: https://id.m.wikipedia.org, diunduh 16 April 2018.

Saleh, A.M. 2010. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Saputri, O.T. 2016. Perbandingan Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Komunikasi Interpersonal Layanan Ojek Online dan Offline (Survey Pada Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Setiawan, D. 2017. Data Terkini Jumlah Penduduk Indonesia Lebih dari 262 Juta Jiwa. (online). tersedia: http://jateng.tribunnews.com/amp/2017/08/02/data-terkini-jumlah-penduduk-indonesia-lebih-daro-262-juta-jiwa, diunduh 16 April 2018.

Suarico, Agustina, I.H. 2017. Kajian Kualitas Pelayanan Ojek Online dan Ojek Konvensional Menurut Pengguna (Studi Kasus Kota Bandung). Jurnal, (Online), 3 (1): 249-255, tersedia: http://karyailmiah.unisba.ac.id, diunduh 27 November 2017.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

 

Tjiptono, F. 2012. Service Manajemen. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, F., dkk. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia.

Wibowo, A.S. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta. Skripsi. Bogor: Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

 

Wulandari, C., Syah, L.Y. & Abdillah, L.A. 2016. Analisa Tingkat Kepuasan Layanan TI (Studi Kasus Pada Aplikasi Gojek). Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi ke-8, Palembang, 20 Agustus 2016. Dalam Google Scholar, (Online), tersedia: http://scholar.google.co.id, diunduh 18 November 2017.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI