Upaya Meningkatkan Kepuasan Konsumen Melalui Harga, Lokasi dan Fasilitas pada Classic Futsal Kediri”.


Author (Penulis)

HERI PRASETIO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0278

Abstract

ABSTRAK 
 
Heri Prasetio: Upaya Meningkatkan Kepuasan Konsumen Melalui Harga, Lokasi dan Fasilitas Pada Classic Futsal Kediri 
 
Latar belakang dalam penelitian ini adalah perkembangan bisnis penyewaan fasilitas olahraga yang semakin pesat membuat persaingan bisnis meningkat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Agar perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh variabel harga, lokasi dan fasilitas secara parsial terhadap kepuasan konsumen Classic Futsal Kediri? (2) pengaruh variabel harga, lokasi dan fasilitas secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksplanatori. Variabel bebas dari penelitian ini adalah harga (X1), lokasi (X2), dan fasilitas (X3), dengan variabel terikat adalah kepuasan konsumen (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen atau penyewa di lapangan Classic Futsal Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan metode pengambilan sampel secara probability sampling. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan Software SPSS for windows versi 21.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (4) harga, lokasi, dan fasilitas, secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. 
 
KATA KUNCI: harga, lokasi, fasilitas, kepuasan konsumen. 


Keyword

Harga, lokasi, fasilitas, kepuasan konsumen.

Reference

Daftar Pustaka

Ahror, Ubaidillah Al. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Café Milk Moo. Skripsi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 3, Maret 2017. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya.

Anwar, I. 2010. Pengembangan Bahan Ajar: Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.

Dutka. 2010. Atribut-atribut dari Konsumen Secara Universal. Jakarta: Glora Aksara Pertama.

Firmansyah, Adhyatma. 2016. Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Soto Seger Mbok Giyem Cabang Sukoharjo). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasyim, Daniel Lukman. 2016. Pengaruh Lokasi, Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Property Green Garden Resident di Kendal. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Indrastuty, Dini. 2011. RPUL SMP. Depok: Pusindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing. (Edisi 13). United States of America: Pearson.

_____________________________. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Edisi 13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Laely, Nur .2017. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen September 2016, Vol. 3 No.2. hal. 61 – 74. Kediri: Universitas Kadiri.

Levy, Michael dan Barton A. Weitz. 2012. Retailing Management. New York: Amerika: McGraw-Hill/Irwin.

Lupiyoadi dan Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. (Edisi Kedua). Jakarta: Salemba Empat.

Mardizal, Im. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Pada Golden Futsal Simpang Haru Padang. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Stkip) PGRI Sumatera Barat Padang.

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Nawari. 2010. Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Penerbit Gava Media Yogyakarta.

Nirwana. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Penerbit Dioma.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Pb, Triton. Manajemen Sumber Daya Manusia: Perspektif Partnership dan Kolektivitas. Jakarta: Oryza.

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Purnomo. 2012. Sistem Analisis. Yogyakarta: Andi Offset.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods For Business. (Edisi 1 dan 2). Jakarta: Salemba Empat.

Subagyo, P. Joko. 2011. Metodologi Penelitian dalam Teori dan Praktek. Cetakan Keenam. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulastiyono. Agus. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel: Manajemen Hotel. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Ahmad Sani dan Masyhuri Mahfudz. 2010. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN Maliki Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat Press.

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2013. Total Quality Manajemen. (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andy.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

_____________. 2015. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Untoro, Joko. 2010. Ekonomi. Jakarta: Kawah Media.

Zhetaml, Valarie, Mary Jo Bitner, Dwayne D. Gremler. 2013. Service Marketing. McGraw-Hill International Edition.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade