PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA WARUNG MIE ENDES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN


Author (Penulis)

TRINIA ARISKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0276

Abstract

ABSTRAK

Latarbelakang dalam penelitian ini adalah perkembangan bisnis kuliner yang semakin pesat membuat persaingan bisnis meningkat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Agar perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan, maka perusahaan harus memperhatikan strategi-strategi yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh variabel segmenting, targeting dan positioning secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Warung Mie Endes Wates? (2) pengaruh variabel segmenting, targeting dan positioning secara simultan terhadap keputusan pembelian..

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Variabel bebas dari penelitian ini adalah segmenting (X1), targeting (X2), positioning (X3) dengan variabel terikat adalah keputusan pembelian (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Warung Mie Endes Wates. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode pengambilan sampel secara sampling insidental. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan Software SPSS for windows versi 21.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) segmenting berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) targeting berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) positioning berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) segmenting, targeting dan positioning secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

KATA KUNCI  : segmenting, targeting, positioning dan keputusan pembelian.


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Erawati, P. 2015. Analsis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sehat Atom. Jurusan Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Jakarta, (Online), tersedia: repository.uinjkt.ac.id, diunduh 16 April 2018.

 

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ginting, N.F.H. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung: Yrama Widya.

 

Hassan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

 

Hermawan, M. & Widasari, R. Analisis dan Usulan Strategi Bersaing dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CA (Corespondence Analysis). Jurnal Mahasiswa, (Online), tersedia: repositoy.maranatha.edu/19128/., diunduh 25 Maret 2018.

 

Ismail, M. 2013. Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra Dan Merek Loyalitas. Bogor: IPB Press.

 

Kholis, N. & Darya, I.G.P. 2012. Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Stabucks Coffe Balikpapan. Jurnal Mahasiswa, (Online), tersedia: repositoy.unhas.ac.id., diunduh 25 Maret 2018.

 

Kotler, P. & Keller, K.L. 2009. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

 

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas,PT. Indeks, Jakarta

 

Mariyadi, A.O & Arianta, S.B. 2015. Pengaruh Makanan Cepat Saji Terhadap Daya Tarik Makanan Khas Daerah. (Online), tersedia: http://pateron.blogspot.co.id/2016/04/pengaruh-makanan-cepat-saji.html?m=1 diunduh 25 Maret 2018.

Maulana, Fajar. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Tehadap Keputusan Pembelian Restoran Mie Reman Bandung. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama, (Online), tersedia: https://repository.widyatama.ac.id. diunduh 16 April 2018.

Oktavianti, R., Widiana, M.E. & Noviandari, I. Pengaruh Diferensiasi, Positioning Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Smart Tbk Surabaya. Jurnal Mahasiswa, (Online), tersedia: fe.ubhara.ac.id., diunduh 25 Maret 2018.

 

Priansa, D.J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

 

Pangestu, J.A.A. 2016. Pengaruh Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Nutrend. (Online), tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id. diunduh 16 April 2018.

 

Riyanto, J.D. 2016. Evaluasi Strategi Pemwasaran Pada Josh Cafe Di Purworejo, Jawa Tengah. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra, (Online), tersedia: http://www.neliti.com/id/publicatoin/54504/evaluasi-strategi-pemasaran-pada-josh-cafe-di-purworejo-jawa-tengah diunduh 20 April 2018.

 

Safitra, R.H. 2011. Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Kepuasan Pelanggan Membeli Nu Green Tea., (Online), tersedia: fe.budiluhur.ac.id. diunduh 16 April 2018.

 

Santosa, P.B. & Hamdani, M. 2007. Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.

 

Sari, P.K. 2015. Analisis Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Pada Rental Movie Atlantic Kediri. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri, (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 20 April 2018.

 

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

 

Sudijono, A. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

 

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press.

 

Tjiptono, F, G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

 


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI