STRATEGI PEMASARAN PRODUK PAKAIAN DENGAN SISTEM ONLINE DAN OFFLINE DI TOKO BIBISHOP GROSIR NGANJUK


Author (Penulis)

NURYANA KHOIROTUL FAIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0273

Abstract

ABSTRAK

          Penelitian ini di latarbelakangi adanya persaingan usaha atau bisnis pada penjualan online maupun offline, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat dalam menjual produknya. Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana kondisi persaingan produk pakaian pada toko Bibishop Grosir Nganjuk? (2) Apakah beragamnya pilihan dan keinginan konsumen memberi perubahan terhadap penerapan strategi pemasaran? (3) Bagaimana persamaan dan perbedaan dalam strategi pemasaran produk pakaian dengan sistem online maupun offline pada toko Bibishop Grosir Nganjuk? (4) Bagaiaman strategi pemasaran produk pakaian dengan sistem online maupun offline pada toko Bibishop Grosir Nganjuk?.

          Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara secara langsung dengan pihak toko Bibishop Grosir Nganjuk maupun konsumen dari toko bibishop serta dokumentasi.

          Strategi dalam menghadapi persaingan, pertama yaitu memberikan harga grosir tanpa minimal pembelian pada sistemonline maupun offline, promosi dengan memberikan flour barang didepan toko beserta keterangan harga dan promosi di facebook atau aplikasi, penyaluran barang secara langsung maupun melalui ekspedisi, yang terakhir adalah beragam atau bervariasinya produk.Sesuai dengan keinginan dan pilihan konsumen memberikan strategi yang dilakukan yaitu produk yang ditawarkan bervariasi atau beragam, menerapkan harga terjangkau dan promosi menggunakan facebook atau aplikasi dan memberikan flour barang didepan beserta keterangan harga, penyaluran barang secara langsung dan melalui ekspedisi.Strategi pemasaran yang dilakukan bibishop yaitu ready stock barang yang bervariasi, harga yang terjangkau, melakukan promosi dan distribusi secara face to face. Sedangkan strategi pemasaran sistem online bibishop adalah kelengkapan barang yang bervariasi, memanfaatkan sosial media dan mengfokuskan aplikasi, harga yang terjangkau dan distribusi melalui perantara. Terdapat persamaan dan perbedaan strategi pemasaran yang dilakukan bibishop antara sistem online dan sistem offline, persamaanya adalah menggunakan strategi kelengkapan atau beragamnya produk yang ditawarkan dan harga terjangkau. Sedangkan perbedaanya adalah sistem online mengfokuskan pada aplikasi atau sosial media dan distribusi melalui perantara, sedangkan sistem offline melakukan promosi dengan menggunakan flour barang didepan toko beserta keterangan harga dan distribusi secara langsung atau face to face.

 

 

KATA KUNCI  :produk, harga, promosi, dan distribusi.


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Angipora, M. P. 1999. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo.

 

Angipora, M.P. 2010. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan.             Kedua. Jakarta:  PT. Raja Grafindo Persada.

 

Christiani, S. S. 2009. Penerapan Bauran Pemasaran pada Toko Pakaian Anugerah I di Mojosongo Surakarta. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, (Online), tersedia :http://eprints.uns.ac.id/8660/1/162832708201005381.pdf. Diunduh 04 April 2018.

 

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

 

 

Gitosudarmo, I. 2008.  Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE.

 

Halim, A. & Suhartini, Rr. 2005. Manajemen Pesantren. Yogyakarta : Pesantren.

 

Hassan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

 

 

Imama D. 2015. Strategi Pemasaran Produk Pakaian dengan Sistem Online dan Offline di Toko Clarissa Grosir Fashion Gresik. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. (Online), tersedia:http://digilib.uinsby.ac.id/4208/. Diunduh 03 April 2018.

 

Jurnalis (Lentera Hidup). 2017. Ternyata Ini Penjelasan Pengertian Online Shop Menurut Buku Para Ahli Ilmuan. (Online), tersedia: https://lenterahidup.net/pengertian-online-shop-menurut-para-ahli/, diunduh 05 Maret 2018.

 

 

Jurnalis (Kompas.com). 2012. 5 Sebab Bisnis Gagal. (Online), tersedia :http://amp.kompas.com/lifestyle/read/2012/03/26/15345837/~Wirausaha~Tips.

 

 

Kena S. (Liputan 6). 2017. BPS Tak Sanggup Lacak Data Transaksi Perdagangan Online. (Online), yang tersedia :https://www.kaskus.co.id/thread/5994636a5c779800588b4567/bps-tak-sanggup-lacak-data-transaksi-perdagangan-online/, diunduh 05 Maret 2018.Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

 

 

Kotler, P. & Armstrong, G. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

 

 

Kotler, P. & Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

 

Kotler, P. & Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

 

Kotler, P. & Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarat : Erlangga.

 

Maulana, R. 2017. Bagaiamana Potensi Digital Marketing Indonesia di Tahun 2017. (Online), tersedia :https://id.techinasia.com/potensi-digital-marketing-indonesia-di-tahun-2017 , diunduh 06 Maret 2018.

 

 

Mohammad, N. 2011. Metode Penelitian. Jakarat : Ghalia Indonesia.

 

Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

 

 

Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja.

 

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

 

 

Moleong, L. J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

 

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

 

 

Riski, N. 2016. 4 Tantangan Bisnis. (Online), tersedia :https://jarvis-strore.com/artikel/4-tantangan-bisnis-online, diunduh 06 Maret 2018.

 

 

Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

 

 

Shimp, T.A. 2000. Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga.

 

Silviana. 2012. Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix : Studi Kasus pada PT. Batik Danar Hadi. Jurusan Teknik Industri Universitas Widyagama Malang, (Online), tersedia :http://publishing-widyagama.ac.id/ejournalv2/index.php/widyateknika/article/viewfile/8/8. Diunduh 03 April 2018.

 

 

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

 

 

Sujarweni, V. W. 2014. Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

 

Sunyoto, D. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.

 

Sunyoto, D. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS.

 

 

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 13. Yogyakarta : Andi.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI