Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Produk Tahu Taqwa GTT Kediri


Author (Penulis)

EUREKA RIZKY TRI PURWIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0270

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan produk UMKM. Peningkatan daya saing produk perlu ditingkatkan agar terus eksis di pasar. Sehingga UMKM perlu mengenali kekuatan dan kelemahan usaha serta mengetahui peluang serta ancaman yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha. Dengan mengevaluasi faktor internal dan eksternal perusahaan,  akan sangat membantu perusahaan dalam mengenali diri, serta dapat digunakan untuk menyusun strategi untuk meningkatkan omzet penjualan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan yang akan digunakan untuk membuat strategi guna meningkatkan  daya saing produk Tahu Taqwa GTT Kediri.

Penelitian ini menggunakan mix method yaitu kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik deskriptif.

Tahu Taqwa GTT Kediri berada pada kuadran I (satu) yaitu pada posisi Growth (pertumbuhan). Dengan hasil skor kekuatan 2,4, kelemahan 0,64, peluang 2,68 dan ancaman 0,40. Pada posisi ini Tahu Taqwa GTT Kediri dapat meningkatkan daya saing produk dengan cara menambah cabang pemasaran produk atau bekerjasama dengan toko- toko lain untuk menitipkan produk, serta menambah inovasi produk dari tahu.

 

KATA KUNCI  : Evaluasi Faktor Internal (EFI), Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Analisis SWOT, Daya Saing Produk.

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Adi dan Hariyati. 2017. Strategi Bisnis Usaha Kecil Menengah Pada Pabrik Tahu Mega Jaya di Domas Menganti Gresik. Tersedia: www.ejournal.upnjatim.ac.id . diunduh 14 Mei 2018.

 

Muhammad, S. 2013. Manajemen Stragetik Konsep dan Alat Analisis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

 

Pangastutik dan Sutiyatik. IBM Usaha Mikro Pembuatan Tahu Taqwa Kuning Dan Stik Tahu Desa Tinalan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Tersedia : https://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jaim/article/download/86 /74 . diunduh 14 Mei 2018

 

Pearce dan Robinson. 2014. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat

 

Rahmana, Arief. 2009. Peranan Tegnologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Tersedia : http://journal.uii.ac. id/Snati/article/view/1033 di-unduh Mei 2018.

 

Sugiyono. 2011. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

 

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.

 

Tjiptono, Fandi. 2015. Strategi Pemasaran (edisi 4). Yogyakarta: Cv. Andi Offset.


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI