Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada ayee cafe kediri


Author (Penulis)

PUTRI KUSUMANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0264

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu semakin berkembangnya bisnis cafe di Kediri yang menawarkan beragam menu yang bervariasi dan masa kini. Konsumen yang menginginkan pelayanan yang cepat dan tepat. Dan persaingan harga diantara cafe di Kediri yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga murah tetapi berkualitas.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Ayee Cafe Kediri. (2) Pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Ayee Cafe Kediri. (3) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan pada Ayee Cafe Kediri. (4) Pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Ayee Cafe Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berbentuk angka. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling method. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengunjung/konsumen yang datang di Ayee Cafe Kediri. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adakah Kualitas Pelayanan (X1), Kualitas
Produk (X2), Harga (X3) dan Kepuasan Konsumen (Y) sebagai variabel terikat. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 20.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Ayee Cafe Kediri. (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Ayee Cafe Kediri. (3) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Ayee Cafe Kediri. (4) Kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Ayee Cafe Kediri.
KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk , Harga dan Kepuasan Konsumen


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Daryanto, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima.Yogyakarta.Gava Media.
Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran.Bandung.Cv. Linda Karya
Haryanto, Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran McDonald’s Manado. Jurnal EMBA. Vol.1, No.4, Desember 2013.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 14. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 14. Jakarta: Erlangga
Muzayanah, Vivi Indriana dan Sugiyono. 2017. Pengaruh Kualitas produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (study pada Pelanngan Waroeng Kauman Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6, No.12, Desember 2017.
Saraswati Prita, Srikandi Kumadji dan Yusri Abdillah. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (survey pada Pelanggan Coffe Shop Starbucks di Surabaya dan Kuala Lumpur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.14, No.1, September 2014.
Sejarah Ayee Cafe Mojoroto http://ayee-cafe.business.site.
Sugiyono. 2017 .Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Bandung Alfabeta
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa.Jakarta.PT Indeks.
Tjiptono, Fandy. Gregorius, Chandra.2016.Service, Quality dan Satisfaction.Yogyakarta.CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy.2015.Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta.Cv.Andi
Violita Cynthia. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. AGORA. Vol.5, No.1.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI