ABSTRAK
Penelitian ini didasari bahwa perkembangan bisnis ritel di Indonesia semakin meningkat sehingga menuntut para pelaku usaha untuk meningkatkan persaingan yang berkelanjutan. Hal tersebut tentunya dengan mempertimbangkan berbagai faktor dalam strategi pemasaran seperti suasana toko yang nyaman (meliputi kebersihan toko, fasilitas toko dan pencahayaan), citra toko yang baik (meliputi keanekaragaman produk, kualitas produk, harga terjangkau serta pelayanan yang ramah), kepuasan pelanggan mengenai produk dan pelayanan yang ditawarkan pelaku usaha serta faktor lain yang mendukung pelanggan melakukan transaksi atau pembelian secara berulang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atmosfer toko, citra toko dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini menggunakan metode sampling insidental dengan mengambil sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 51,965 > Ftabel 2,87 dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa atmosfer toko, citra toko dan kepuasan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Candra Busana Swalayan Trenggalek.
Kata Kunci : Atmosfer Toko, Citra Toko, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan
Andini, Putri Farrah. 2013. Analisis Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Distro Deep Store Di Surakarta). Skripsi. Tidak dipublikasikan. (Online), tersedia: http://eprints.undip.ac.id, diunduh 10 April 2018
Basri, Nurlina dan Sriekaningsih A. 2016. Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Empirik pada Konsumen Toko buku Gramedia Kota Tarakan). Jurnal Spread, (Online), Volume 6 Nomor 2 : 77-88, tersedia: http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id, diunduh 10 April 2018
Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, Asep. 2016. Pengaruh Citra Toko dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Grosir Cirebon. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBIMA), (Online), Vol.4 No.2 : 106-112, ISSN : 2338-9729, tersedia: http://journal.peradaban.ac.id, diunduh 10 April 2018
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: ANDI
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: ANDI
Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen Ritel:Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 9. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
S. A. Yudi. 2017. Masyarakat Pilih Belanja di Minimarket, Penjualan Hypermarket Tertahan. http://katadata.co.id/berita/2017/08/15/masyarakat-pilih-belanja-di-minimarket-penjualan-hypermarket-tertahan, diakses pada 13 April 2018
Warsaningsih, Eka. 2017. Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk, Harga Terhadap Loyalitas Konsumen pada Toserba Wirya Wijaya Gandusari Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ekonomi : 1-8, (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 10 April 2018