Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Atmosfer Toko, Citra Toko Dan Kepuasan Pada Candra Busana Swalayan Trenggalek


Author (Penulis)

TRIA ETIK RIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0240

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini didasari bahwa perkembangan bisnis ritel di Indonesia semakin meningkat sehingga menuntut para pelaku usaha untuk meningkatkan persaingan yang berkelanjutan. Hal tersebut tentunya dengan mempertimbangkan berbagai faktor dalam strategi pemasaran seperti suasana toko yang nyaman (meliputi kebersihan toko, fasilitas toko dan pencahayaan), citra toko yang baik (meliputi keanekaragaman produk, kualitas produk, harga terjangkau serta pelayanan yang ramah), kepuasan pelanggan mengenai produk dan pelayanan yang ditawarkan pelaku usaha serta faktor lain yang mendukung pelanggan melakukan transaksi atau pembelian secara berulang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atmosfer toko, citra toko dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini menggunakan metode sampling insidental dengan mengambil sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 51,965 > Ftabel 2,87 dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa atmosfer toko, citra toko dan kepuasan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Candra Busana Swalayan Trenggalek.

 

Kata Kunci : Atmosfer Toko, Citra Toko, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan


Keyword

a

Reference

Andini, Putri Farrah. 2013. Analisis Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Distro Deep Store Di Surakarta). Skripsi. Tidak dipublikasikan. (Online), tersedia: http://eprints.undip.ac.id, diunduh 10 April 2018

 

Basri, Nurlina dan Sriekaningsih A. 2016. Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Empirik pada Konsumen Toko buku Gramedia Kota Tarakan). Jurnal Spread, (Online), Volume 6 Nomor 2 : 77-88, tersedia: http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id, diunduh 10 April 2018

 

Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

 

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta

 

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

 

Gunawan, Asep. 2016. Pengaruh Citra Toko dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Grosir Cirebon. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBIMA), (Online), Vol.4 No.2 : 106-112, ISSN : 2338-9729, tersedia: http://journal.peradaban.ac.id, diunduh 10 April 2018

 

Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: ANDI

 

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: ANDI

 

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia

 

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: ANDI

 

Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: ANDI

 

Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen Ritel:Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

 

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 9. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

 

S. A. Yudi. 2017. Masyarakat Pilih Belanja di Minimarket, Penjualan Hypermarket Tertahan. http://katadata.co.id/berita/2017/08/15/masyarakat-pilih-belanja-di-minimarket-penjualan-hypermarket-tertahan, diakses pada 13 April 2018

 

Warsaningsih, Eka. 2017. Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk, Harga Terhadap Loyalitas Konsumen pada Toserba Wirya Wijaya Gandusari Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ekonomi : 1-8, (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 10 April 2018


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI