DAMPAK PROMOSI, CITRA TOKO, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN


Author (Penulis)

ARIF SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0236

Abstract

ABSTRAK

 

Permasalahan ini dilatar belakangi oleh bisnis ritel yang mengalami perkembangan begitu pesat. Adanya perkembangan bisnis ritel mengakibatkan gaya hidup masyarakat mengalami perubahan secara terus menerus termasuk gaya berbelanja konsumen lebih senang berbelanja di ritel modern daripada pasar tradisional. Konsep ritel modern ini semakin mendorong kesenangan berbelanja konsumen paralel denganperubahan gaya hidup masyarakat perkotaan.Bisnis ritel merupakan salah satu bisnis yang relatif mudah untuk dimasuki para pelaku bisnis baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar.Hal ini terjadi karena adanya perubahan pola belanja masyarakat yang semakin selektif, dan adanya perbedaan cara pandang masyarakat tentang bisnis ritel (eceran). Seiring dengan semakin banyaknya bangunan mall yang berdiri, maka hal tersebut cenderung akan mendorong pertumbuhan bisnis ritel, sehingga menjadi suatu gaya hidup konsumtif di negara Indonesia ini.

Tujuan  dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) menganalisis promosi signifikan terhadap kepuasan konsumen Setyo swalayan di Kecamatan Munjungan (2) menganalisis citra toko signifikan terhadap kepuasan konsumen Setyo swalayan di Kecamatan Munjungan (3) menganalisis kualitas pelayanan signifikan terhadap kepuasan konsumen Setyo swalayan di Kecamatan Munjungan (4) menganalisis dampak promosi, citra toko, kualitas pelayanan signifikan secara silmutan terhadap kepuasan konsumen Setyo swalayan di Kecamatan Munjungan.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu Uji asumsi klasik, Analisis regresi linier berganda, Uji koefisien Determnasi dan Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.

 

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) variabel promosi signifikan terhadap kepuasan konsumen (2) variabel citra toko signifikan terhadap kepuasan konsumen (3) variabel kualitas pelayanan signifikan terhadap kepuasan konsumen (4) Secara silmutan variabel promosi, citra toko, kualitas pelayanan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci : Promosi, Citra Toko, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

 

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

 

Hamdun, Edy Kusnandi dan Romadhani Denok Ariestya. 2016. Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Roti Fatimah Bakery Di Situbondo 31-48. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH Vol. 14, No. 2, November 2016 :31-48. fe.unars.ac.id. Diunduh pada 2 April 2018.

 

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta

 

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

 

Palandeng, Faris L dan Lumentut Indrie D. 2014. Fasilitas, Servicescape, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen MCDONALD'S Manado 126-136. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 126-136. https://ejournal.unsrat.ac.id. Diunduh pada 2 April 2018.

 

Pendapatan Perusahaan Ritel Di Indonesia Tahun 2015-2016, tersedia: http://m.cnnindonesia.com diakses Selasa, 10 April 2018, pukul 19.30 WIB.

 

Pertumbuhan Ritel Modern dan Ritel Tradisional Tahun 2016-2017, tersedis: http://www.kompasiana.com diakses  Jumat, 13 April 2018, pukul 21.00 WIB.

 

Ranto, Dwi Wahyu Pril. 2017. Pengaruh Citra Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Di Yogyakarta 1-11.JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017. jurnal.amaypk.ac.id. Diunduh pada 2 April 2018.

 

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

 

Tjiptono, F. (2015).Strategi Pemasaran . Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

 

 

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

 


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI