Analisis Komitmen, Komunikasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada \"Salon Thithuk Kertosono\"


Author (Penulis)

SITI NUR JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0231

Abstract


Abstrak 
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa bisnis perawatan kecantikan dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan, membangun komitmen serta komunikasi yang baik, menyediakan fasilitas pendukung yang memadai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bila kualitas pelayanan yang dirasakan lebih kecil daripada yang diharapkan, maka konsumen akan akan menjadi tidak tertarik pada penyedia jasa, akan tetapi apabila yang terjadi adalah sebaliknya maka kemungkinan besar para konsumen akan terus menggunakan penyedia jasa itu lagi. Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis (1) pengaruh signifikan komitmen  terhadap kepuasan pelanggan salon Thithuk Kertosono (2) pengaruh signifikan komunikasi terhadap kepuasan pelanggan salon Thithuk kertosono (3) pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan salon Thithuk Kertosono (4) pengaruh signifikan komitmen, komunikasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan salon Thithuk Kertosono. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan salon Thithuk dengan frekuensi tidak ditentukan. Sampel sebanyak 40 orang pelanggan dengan teknik sampling insidental. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, selanjutnya diuji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 24.0.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) Komitmen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) Komitmen, Komunikasi dan Kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata kunci : Komitmen, Komunikasi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan. 


Keyword

Komitmen, Komunikasi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.  

Artantie Nadira. 2014. Pengaruh Komunikasi, Kepercayaan,Komitmen, Danpenyelesaian Masalah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Debitur Pd. Bpr Tugu Artha Malang). (Online). tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/936&ved=2ahUKEwjHht_fz67fAhVKLI8KHW0zCmMQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw1jDarAyG_f3YdYElraO5oA, diunduh 26 Oktober 2017. 

E Jurnal.2013. Macam-Macam Komunikasi Menurut Para Ahli. (Online). tersedia https://www.e-jurnal.com/2013/12/macam-macam-komunikasi-menurut-para-ahli.html?m=1, diunduh 1 Desember 2018

Fatimah Siti. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Kediri). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: FE UNP. 

Ghozali Imam, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dalam Program SPSS. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Juniar Ari.2011. Komitmen Organisai. (Online). tersedia http://juniarari.blogspot.com/2011/11/komitmen-organisasi.html?m=1, diunduh 1 Desember 2018

Kotler, Philip and Kevin L. Keller. 2007. Marketing Management.  ed. Upper Saddle River. N.J.: Pearson Education international. 
_____2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R, A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. 

N, Sora. 2017. Pengertian Pelayanan Prima Dan Contohnya Beserta Tujuannya. (Online). tersedia: http://www.pengertianku.net/2017/03/pengertian-pelayanan-prima-dan-contohnya-beserta-tujuannya.html, diunduh 1 Desember 2018

Priantoni , M, Y. 2014. Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Masalah, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Matahari Department Store Di Surabaya. (Online). tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.perbanas.ac.id/156/1/merlinda%2520yudis%2520priantoni_6384_artikel%2520skripsi.pdf&ved=2ahukewit3teozq7fahuiq48khsgiafiqfjafegqibbab&usg=aovvaw0vmlxxaiub7vxlxmp8gslh, diunduh 26 Oktober 2017.

P Wahyu Silvia . 2014. Analisis Pengaruh Komitmen Pelanggan ,Kepercayaan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Negara Indonesia Kantor Wilayah Semarang. (Online). tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.dinus.ac.id/17560/1/jurnal_14904.pdf&ved=2ahukewjs7ci50k7fahwlui8khviedaqqfjaaegqibbab&usg=aovvaw0c6hfawrhqm7sp-ln-iu_u, diunduh 26 Oktober 2017.

Ratnasari, R.T, Aksa M. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rosda Yumi, A. 2015. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komunikasi, Komitmen, Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt. Bank Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Sudirman Pekanbaru. (Online). tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.uinsuska.ac.id/1410/1/2015_201113men.pdf&ved=2ahukewimmy39zq7fahumai8khc_kawmqfjaaegqibhab&usg=aovvaw1v3e5wka8lgtiygyqasgds, diunduh 26 Oktober 2017.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sopiah, dan Syihabuddin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian. Cetakan kedelapan. Jakarta: Alfabeta.
_____2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_____2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Jawa Tengah: Bayu Media Publishing.
 


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade