ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Kondisi ini menuntut para pelaku bisnis makanan untuk mampu memaksimalkan kinerja usahanya agar dapat bersaing di pasar. Para produsen harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya pada usaha makanan. Semakin banyak perusahaan menempatkan orientasi pada keputusan pembelian sebagai tujuan utama. Indikasi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya keragaman produk, harga, dan lokasi.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Pengaruh secara signifikan keragaman produk terhadap keputusan pembelian di rumah makan lesehan Comandan Banyakan Kediri. (2) Pengaruh secara signifikan harga terhadap keputusan pembelian di rumah makan lesehan Comandan Banyakan kediri. (3) Pengaruh secara signifikan lokasi terhadap keputusan pembelian di rumah makan lesehan Comandan Banyakan Kediri. (4) Pengaruh secara signifikan keragaman produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di rumah makan lesehan Comandan Banyakan Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan berupa survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli di rumah makan lesehan Comandan Banyakan Kediri. Sampel yang digunakan berjumlah 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 21.
Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Lesehan Comandan Banyakan Kediri.(2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Lesehan Comandan Banyakan Kediri. (3) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Lesehan Comandan Banyakan Kediri. (4) Keragaman produk, harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Lesehan Comandan Banyakan Kediri. Implikasi hasil penelitian ini yaitu implikasi teoretis dan praktis. Saran bagi pengusaha adalah Diharapkan pengusaha / manajer lebih memperhatikan lagi dalam menetapkan keragaman produk, harga dan lokasi yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai suatu strategi pemasaran yang tepat.
KATA KUNCI : Keragaman Produk, Harga, lokasi, Keputusan Pembelian
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. (Edisirevisi). Cetakan ke-14. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arsyadani.(2015).pengaruh harga dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian di minimarket kopma iain wali songo semarang