ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh desain produk pada keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada MPM Motor Ngronggo Kediri. (2) Pengaruh harga pada keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada MPM Motor Ngronggo Kediri. (3) Pengaruh promosi pada keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada MPM Motor Ngronggo Kediri. (4) Desain produk, harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada MPM Motor Ngronggo Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Honda Beat pada dealer MPM Motor Ngronggo Kediri dan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden dengan teknik atcidental sampling. Teknik pengambilan data dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS for windows versi 23.0.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Desain produk berpengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,015 (2) Promosi berpengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,002 (3) Harga berpengaruh pada keputusan pembeliann dengan nilai signifikansi 0,069 (4) Desain produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai relevansi penelitian berikutnya. Saran untuk pemilik adalah memperhatikan desain produk dan harga sepeda motor Honda Beat karena dapat meningkatkan keputusan pembelian, mengevaluasi promosi yang dilakukan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen sepeda motor Honda Beat. Untuk penelitian berikutnya dapat menambah variabel seperti kualitas produk dan citra merek.
DAFTAR PUSTAKA
Achidah, N., Warso, M.M dan Hasiolan, L.B. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Studi Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal). Journal of Management 2 (2) : 1-17
Kotler, P dan Armstrong, G. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga
Kotler, P dan Keller, K.L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta : Erlangga
Lutfi, A.M. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha V-xion di Dieler Mataran Sakti Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 3 (1) : 1-14
Pahlevi, A.S dan Sutopo. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic (Studi Pada Yamaha Mataran Sakti Semarang). E-journal Undip 6 (1) : 1-13
Stanton, W.J. 2012. Prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga
Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kedua. Bandung : Remaja Rosdakarya
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta : Andi
Wicaksaono, M.A. 2018. Pengaruh Desain Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Honda New Sonic 150R (Studi Pada Pelanggan Honda New Sonic 150R di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen 6 (1) : 1-8
http://www.astra-honda.com