ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya industri yang bermunculan termasuk mebel.
Perusahaan mebel saat ini semakin banyak, dampak banyaknya mebel yang berdiri adalah persaingan
yang semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan UD. Sumber karya mempunyai beberapa aspek
srategi yaitu dengan meingkatkan kualitas bahan baku, lokasi yang mudah dijangkau dan diferensiasi
produk yang produknya tidaak jauh berbeda dengan mebel lain. Sehingga bisa mempengaruhi
konsumen dalam melakukan pembelian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah
pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di UD.Sumber Karya Mebel Kras
Kediri ? (2) Adakah pengaruh signifikan lokasi terhadap keputusan pembelian di UD.Sumber Karya
Mebel Kras Kediri ? (3) Adakah pengaruh signifikan diferensiasi produk terhadap keputusan
pembelian diUD.Sumber Karya Mebel Kras Kediri ? (4) Adakah pengaruh signifikan kualitas produk,
lokasi dan diferensiasi produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di UD.Sumber
Karya Mebel Kras Kediri ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kausalitas dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli
produk di UD . Sumber Karya Mebel Kediri sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner, wawancara dan study kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan
software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh
signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada UD. Sumber Karya Mebel Kras
Kediri. (2) Ada pengaruh signifikan antara lokasi terhadap keputusan pembelian pada UD. Sumber
Karya Mebel Kras Kediri. (3) Ada pengaruh signifikan antara diferensiasi produk terhadap keputusan
pembelian pada UD. Sumber Karya Mebel Kras Kediri. (4) Ada pengaruh signifikan antara kualitas
produk, lokasi, dan diferensiasi produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada UD.
Sumber Karya Mebel Kras Kediri.
Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Assauri, S (2010). Manajemen Pemasaran Konsep dasar Dan Strategi. PT. Raja
Grafindo Persada. Jakarta
Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Foster, B. (2008). Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam . (2013). Aplikasi Multivariate Dengan Program IMB SPSS 23.
Semarang: Universitas Diponegoro.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., and Amstrong. G. (2011)Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12.
Erlangga. Jakarta
Mariana. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Pada UKM Amplang UD. Sinar Rejeki Di Samarinda.
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, (Online), Vol.3 No.2 : 388- 402, tersedia :
www.ejournal.adbisnis.fisip- unmul.ac.id, diunduh pada 23 Oktober 2017
Mongkoagouuw. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile
Center Manado . Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, (Online), Vol.16 No.1 :
493- 502, tersedia :
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913, diakses pada
23 Oktober 2017
Pandensolang. (2015). Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Produk Dan
Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Pada PT
Bangun Wenang Beverges Company Di Manado. Jurnal EMBA, (O nline),
Vol.3 No.3 : 1113- 1124, tersedia :
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/10117, diakses
pada 23 Oktober 2017
Pratama, F. Industri Mebel Indonesia Targetkan 5 Besar Di Dunia.
www.tribunnews.com/bisnis/2014/03/11/industri- mebel - indonesiatargetkan - 5- besar- di - dunia, di akses 23 Okbober 2017
Ratnasari . (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rahmat. 2013. Statistika Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia
Rosita. (2016). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk,
Pelayanan, Harga Dan Kenyamanan Berbelanja Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Lotte Mart Bekasi Junction. Jurnal Ilmiah WIDYA
Ekonomika, (Online), Vol.1 No.2 : 98- 103, tersedia :
https://media.neliti.com/media/publications/55055- ID - pengaruh - lokasi kelengkapan - produk- kuali.pdf , diakses 23 Oktober 2017
Sopiah dan Syihabudin . (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: ANDI
OFFSET.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta:
ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2016). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI OFFSET