KAJIAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, LOKASI, DIFERENSIASI PRODUK PADA UD.SUMBER KARYA MEBEL KEDIRI


Author (Penulis)

ELMI AVIVATUL ASNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0213

Abstract

ABSTRAK

Penelitian  ini  dilatar  belakangi  banyaknya  industri  yang  bermunculan  termasuk  mebel.
Perusahaan mebel saat ini semakin banyak, dampak banyaknya mebel yang berdiri adalah persaingan
yang semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan UD. Sumber karya mempunyai beberapa aspek
srategi yaitu dengan meingkatkan kualitas bahan baku, lokasi yang mudah dijangkau dan diferensiasi
produk  yang  produknya  tidaak  jauh  berbeda  dengan  mebel  lain.  Sehingga  bisa  mempengaruhi
konsumen  dalam  melakukan  pembelian.  Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  (1)  Adakah
pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di UD.Sumber Karya Mebel Kras
Kediri ? (2) Adakah pengaruh signifikan lokasi terhadap keputusan pembelian di UD.Sumber Karya
Mebel  Kras  Kediri  ?  (3)  Adakah  pengaruh   signifikan  diferensiasi  produk  terhadap  keputusan
pembelian diUD.Sumber Karya Mebel Kras Kediri ? (4) Adakah pengaruh signifikan kualitas produk,
lokasi  dan  diferensiasi  produk  secara  bersama-sama  terhadap  keputusan  pembelian  di  UD.Sumber
Karya  Mebel  Kras  Kediri  ?  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  penelitian  kausalitas  dengan
menggunakan  pendekatan  kuantitatif.  Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  konsumen  yang  membeli
produk  di  UD  .  Sumber  Karya  Mebel  Kediri  sebanyak  40  orang.  Teknik  pengumpulan  data
menggunakan  kuesioner,  wawancara  dan  study  kepustakaan.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan
adalah  uji  asumsi  klasik,  regresi  linier  berganda,  uji  koefisien  determinasi,  uji  t  dan  uji  F  dengan
software  SPSS  for  windows  versi  23.  Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  (1)  Ada  pengaruh
signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada UD. Sumber Karya Mebel Kras
Kediri.  (2)  Ada  pengaruh  signifikan  antara  lokasi  terhadap  keputusan  pembelian  pada  UD.  Sumber
Karya Mebel Kras Kediri. (3) Ada pengaruh signifikan antara diferensiasi produk terhadap keputusan
pembelian pada UD. Sumber Karya Mebel Kras Kediri. (4) Ada pengaruh signifikan antara kualitas
produk, lokasi, dan diferensiasi produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada UD.
Sumber Karya Mebel Kras Kediri.


Keyword

a

Reference

Alma,  B.  (2009).  Manajemen  Pemasaran  Dan  Pemasaran  Jasa.  Bandung:
Alfabeta.
Assauri, S (2010).  Manajemen  Pemasaran Konsep dasar Dan Strategi. PT. Raja
Grafindo  Persada. Jakarta
Fahmi,  I. (2016).  Perilaku Konsumen. Bandung:  Alfabeta.
Foster, B. (2008). Manajemen Ritel.  Bandung:  Alfabeta.
Ghozali,  Imam .  (2013).  Aplikasi  Multivariate  Dengan  Program  IMB  SPSS  23.
Semarang:  Universitas  Diponegoro.
Kotler,  P. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler,  P.,  and  Amstrong.  G.  (2011)Prinsip-Prinsip  Pemasaran  Edisi  12.
Erlangga.  Jakarta
Mariana.  (2015).  Pengaruh  Kualitas  Produk  Dan  Harga  Terhadap  Keputusan
Pembelian  Produk  Pada  UKM  Amplang  UD.  Sinar Rejeki  Di  Samarinda.
Jurnal  Ilmu  Administrasi  Bisnis,  (Online),  Vol.3  No.2  :  388- 402,  tersedia  :
www.ejournal.adbisnis.fisip- unmul.ac.id,  diunduh  pada 23 Oktober 2017
Mongkoagouuw.  (2016).  Pengaruh  Gaya  Hidup,  Harga,  Kualitas  Produk
Terhadap  Keputusan  Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile
Center  Manado  .  Jurnal  Berkala  Ilmiah  Efisiensi,  (Online),  Vol.16  No.1  :
493- 502,  tersedia  :
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913,  diakses  pada
23 Oktober 2017
Pandensolang.  (2015).  Pengaruh  Diferensiasi  Produk,  Kualitas  Produk  Dan
Ekuitas  Merek  Terhadap  Keputusan  Pembelian  Coca-Cola  Pada  PT
Bangun  Wenang  Beverges  Company  Di  Manado.  Jurnal  EMBA,  (O nline),
Vol.3  No.3  :  1113- 1124,  tersedia  :
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/10117,  diakses
pada 23 Oktober 2017
Pratama,  F.  Industri  Mebel  Indonesia  Targetkan  5  Besar  Di  Dunia.
www.tribunnews.com/bisnis/2014/03/11/industri- mebel - indonesiatargetkan - 5- besar- di - dunia,   di   akses 23 Okbober 2017
Ratnasari .  (2011).  Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor:  Ghalia  Indonesia.
Rahmat.  2013. Statistika  Penelitian.  Bandung  : CV Pustaka Setia
Rosita.  (2016).  Pengaruh  Lokasi,  Kelengkapan  Produk,  Kualitas  Produk,
Pelayanan,  Harga  Dan  Kenyamanan  Berbelanja  Terhadap  Keputusan
Pembelian  Pada  Lotte  Mart  Bekasi  Junction.  Jurnal  Ilmiah  WIDYA
Ekonomika,  (Online),  Vol.1  No.2  :  98- 103,  tersedia  :
https://media.neliti.com/media/publications/55055- ID - pengaruh - lokasi kelengkapan  - produk- kuali.pdf ,   diakses 23 Oktober 2017
Sopiah   dan  Syihabudin .  (2008).  Manajemen  Bisnis  Ritel.  Yogyakarta:  ANDI
OFFSET.
Sudaryono. (2016).  Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi.  Yogyakarta:
ANDI OFFSET.
Sugiyono.  (2016).  Penelitian  Kuantitatif,  Kualitatif  Dan  R&D.  Bandung:
Alfabeta.
Tjiptono,  F. (2015).  Pemasaran Jasa. Yogyakarta:  ANDI OFFSET


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI