Abstrak
Antrian merupakan suatu fenomena yang dihadapi oleh hampir seluruh perusahaan tidak terkecuali pada bidang
kuliner yaitu pada Rumah Makan Mie Djoedes. Antrian terjadi karena kedatangan dan waktu yang dibutuhkan
untuk melayani konsumen tidak sama. Antrian yang terbentuk tersebut akan semakin panjang dan akan
mendekati suatu tingkat kedatangan rata – rata dan tingkat pelayanan rata – rata pada jangka panjang. Teori
antrian dapat digunakan untuk mengevaluasi fenomena antrianagar dapat dihasilkan solusi yang op timal. Agar
lebih efisien proses antrian dapat dilakukan dengan menggunakan model antrian.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis antrian yang terjadi dan menentukan jumlah server optimal pada jam sibukyaitu
pukul 12.00 – 12.30 WIB di Rumah Makan Mie Djoedes Cabang Kediri.
Metode analisis data yang digunakan atau yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Teknik penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknis deskriptif yang bertujuan untuk
merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai permasalahan
yang ada pada antrian tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan
observasi, studi literatur serta dokumentasi untuk mendapatkan data – data yang diperlukan.
Berdasarkan pengamatan metode yang digunakan dalam rumah makan tersebut yaitu menggunakan jalur
tunggal atau 1 server. Metode antriannya yaitu M/M/1/~/~. Menggunakan 3 serveratau 3 jalurtingkat kegunaan
karyawan sebesar 21 %, jumlah pelanggan yang diharapkan dalam antrian sebesar 0, jumlah rata - rata
pelanggan yang diharapkan dalam sistem sebesar 0,63, waktu rata – rata dalam antrian sebesar 0,69 menit,
waktu rata – rata dalam sistem sebesar 62,55 menit. Untuk mengoptimal kan antrian di Rumah Makan Mie
Djoedes Cabang Kediri maka perusahaan harus menambahkan 2 server menjadi 3 server dalam jalur pelayanan,
sehingga tidak terjadi konsumen yang antri.
Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : PT. Rineka Cipt
Estuningtyas, Elfanarika. 2016. Analisis Sistem Antrian yang Diterapkan pada
Proses Transaksi di Bengkel Ahass 0517 Galaxy Motor Kediri. Online.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Heizer, Jay & Render, Barry. 2010. Manajemen Operasi. Edisi Ketujuh Buku 1.
Jakarta: Selempa Empat
https://sites.google.com.Operasi produksi. Diakses pada tanggal 21 Desember
2017 pukul 20.34 WIB
Indriyani, D.D. 2010. Pengoptimalan Pelayan Nasabah dengan Menggunakan
Penerapan Teori Antrian Pada PT. BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang
Utama (KCU) Melawai Raya. Online. Diunduh 28 November 2017.
Iswiyanti, Sri, Agus & Hothiar Siringoringo, Hothiar. 2004. Analisis Antrian
Loket karcis taman margasatwa Ragunan DKI Jakarta. online. Depok:
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma. Diunduh pada tanggal 26 Maret
2018
Mulyono, Sri . 2017. Riset Operasi. Jakarta : Mitra Wacana Media
Nazaruddin, Aditya. 2016. Analisis Teori Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan
Bakar Umum (SPBU) 54.644.02. Kepuh Kertosono. Online. Universitas
Nusantara PGRI Kediri. Diakses pada tanggal 14 April 2018.
Susanto, Try , Djamaris, Aurino & Hermiyetti. 2012. Analisi dan Simulasi Sistem
Antrian Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jakarta pada Halte Transit BNN.
Online. Jakarta: Prodi Manajemen, FEIS, Prodi Teknik Industri, FTIK, Prodi
Akuntansi, FEIS, Universitas Bakrie. Diakses pada tanggl 25 April 2018.
Samsir, Ranti Mustika, Ranti. 2010. Analisis Sistem Antrian pada PT. Bank Riau
Cabang utama Pekanbaru. online. Pekanbaru: Universitas Riau Kampus Bina
Widya Km 12,5 Simpang Baru. Di akses pada tanggal 01 Mei 2018.
Sari, Yasofa, Amiek. 2016. Analisis Efektifitas Antrian Bengkel Sepeda Motor
(Studi Kasus: Ahass Aries Motor Kediri). Online. Universitas Nusantara
PGRI Kediri. Di akses pada tanggal 01 Mei 2018.
Wereh, S, Hendra, Mekel, A, Peggi & Nelwan, Olivia. 2014. Analisis sistem
Antrian pada PT. Sinar Internusa Manado. online. Manado: Fakultas
Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado. Diakses pada
tanggal 19 Mei 2018