OPTIMASI ANTRIAN YANG EFEKTIF PADA RUMAH MAKAN MIE DJOEDES CABANG KEDIRI


Author (Penulis)

IDA NURAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0205

Abstract

Abstrak
Antrian merupakan suatu fenomena yang dihadapi oleh hampir seluruh perusahaan tidak terkecuali pada bidang
kuliner yaitu pada Rumah Makan Mie Djoedes. Antrian terjadi karena kedatangan dan waktu yang dibutuhkan
untuk  melayani  konsumen  tidak  sama.  Antrian  yang  terbentuk  tersebut  akan  semakin  panjang  dan  akan
mendekati  suatu  tingkat  kedatangan  rata  –  rata  dan  tingkat  pelayanan  rata  –  rata  pada  jangka  panjang.  Teori
antrian dapat digunakan untuk mengevaluasi fenomena antrianagar dapat dihasilkan solusi yang op timal. Agar
lebih efisien proses antrian dapat dilakukan dengan menggunakan model antrian.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis antrian yang terjadi dan menentukan jumlah  server  optimal pada jam sibukyaitu
pukul 12.00 – 12.30 WIB di Rumah Makan Mie Djoedes Cabang Kediri.
Metode   analisis  data  yang  digunakan  atau  yang  dipakai  oleh  peneliti  dalam  penelitian  ini  adalah  metode
kuantitatif.  Teknik  penelitian  yang  dilakukan  dengan   menggunakan  teknis  deskriptif  yang  bertujuan  untuk
merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai permasalahan
yang  ada  pada  antrian  tersebut.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  dengan  wawancara  dan
observasi, studi literatur serta dokumentasi untuk mendapatkan data – data yang diperlukan.
Berdasarkan  pengamatan  metode  yang  digunakan   dalam  rumah  makan  tersebut  yaitu  menggunakan   jalur
tunggal atau 1  server. Metode antriannya yaitu M/M/1/~/~. Menggunakan 3  serveratau 3 jalurtingkat kegunaan
karyawan  sebesar  21  %,   jumlah  pelanggan  yang  diharapkan  dalam  antrian  sebesar  0,  jumlah  rata  -  rata
pelanggan   yang  diharapkan  dalam  sistem  sebesar  0,63,  waktu  rata  –  rata  dalam  antrian  sebesar  0,69  menit,
waktu  rata  –  rata  dalam  sistem  sebesar  62,55  menit.  Untuk  mengoptimal kan  antrian  di  Rumah   Makan  Mie
Djoedes Cabang Kediri maka perusahaan harus menambahkan 2  server  menjadi 3  server  dalam jalur pelayanan,
sehingga tidak terjadi konsumen yang antri.


Keyword

a

Reference

Arikunto,  Suharsimi,  2013.  Prosedur  Penelitian  Suatu  Pendekatan  Praktik.
Jakarta : PT. Rineka Cipt
Estuningtyas,  Elfanarika.  2016.  Analisis  Sistem  Antrian  yang  Diterapkan  pada
Proses  Transaksi  di  Bengkel  Ahass  0517  Galaxy  Motor  Kediri.  Online.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Heizer, Jay & Render, Barry. 2010.  Manajemen Operasi.  Edisi Ketujuh Buku 1.
Jakarta: Selempa Empat
https://sites.google.com.Operasi  produksi.  Diakses  pada  tanggal  21  Desember
2017 pukul 20.34 WIB
Indriyani,  D.D.  2010.  Pengoptimalan  Pelayan  Nasabah  dengan  Menggunakan
Penerapan    Teori  Antrian  Pada  PT.  BNI  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang
Utama (KCU) Melawai Raya. Online. Diunduh 28 November 2017.
Iswiyanti,  Sri,  Agus   &  Hothiar  Siringoringo,  Hothiar.  2004.  Analisis  Antrian
Loket  karcis  taman  margasatwa  Ragunan  DKI  Jakarta.  online.  Depok:
Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma. Diunduh pada tanggal 26 Maret
2018
Mulyono, Sri . 2017. Riset Operasi. Jakarta : Mitra Wacana Media
Nazaruddin, Aditya. 2016.  Analisis Teori Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan
Bakar  Umum  (SPBU)  54.644.02.  Kepuh  Kertosono.  Online.  Universitas
Nusantara PGRI Kediri. Diakses pada tanggal 14 April 2018.
Susanto, Try , Djamaris, Aurino & Hermiyetti. 2012. Analisi dan Simulasi Sistem
Antrian  Bus  Rapid  Transit  (BRT)  Trans  Jakarta  pada  Halte  Transit  BNN.
Online.  Jakarta: Prodi Manajemen, FEIS, Prodi Teknik Industri, FTIK, Prodi
Akuntansi, FEIS, Universitas Bakrie. Diakses pada tanggl 25 April 2018.
Samsir, Ranti Mustika, Ranti. 2010.  Analisis Sistem Antrian pada PT. Bank Riau
Cabang utama Pekanbaru. online. Pekanbaru: Universitas Riau Kampus Bina
Widya Km 12,5 Simpang Baru. Di akses pada tanggal 01 Mei 2018.
Sari,  Yasofa,  Amiek.  2016.  Analisis  Efektifitas  Antrian  Bengkel  Sepeda  Motor
(Studi  Kasus:  Ahass   Aries  Motor  Kediri).  Online.  Universitas  Nusantara
PGRI Kediri. Di akses pada tanggal 01 Mei 2018.
Wereh,  S,  Hendra,   Mekel,  A,   Peggi  &  Nelwan,  Olivia.  2014.  Analisis  sistem
Antrian  pada  PT.  Sinar  Internusa  Manado.  online.  Manado:  Fakultas
Ekonomi  dan  Bisnis,  Universitas  Sam  Ratulangi  Manado.  Diakses  pada
tanggal 19 Mei 2018


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI