Analisis Harga, Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen


Author (Penulis)

MOHAMMAD YUSUF RIFAI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0193

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh era pembangunan pada saat ini yang memungkinkan adanya peluang yang baik untuk para pemilik toko bahan bangunan dalam berbisnis. Dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi pemilik toko bahan bangunan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan bagi pelangganya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri, (2) Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri, (3) Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri, (4) Pengaruh harga, pelayanan, dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan konsumen Toko Bangunan Barokah Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang datang pada Toko Bangunan Barokah Kediri dan sampel yang digunakan berjumlah 40 responden dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dan dianalisis menggunakan software SPSS for windows versi 23.
Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri dengan nilai 0,017, (2) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri dengan nilai 0,012, (3) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri dengan nilai 0,032, (4) Secara simultan (bersama-sama) variabel harga, pelayanan, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bangunan Barokah Kediri dengan nilai 69,418.

 

KATA KUNCI  :Harga, Pelayanan, Lokasi, dan Kepuasan Konsumen


Keyword

a

Reference

V. DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Bagus, Denny. 2010. Kepuasan KOnsumen; Pengertian, Jenis, dan Pengukuran tersedia: http://jurnalsdm.blogspot.co.id/2009/04/kepuasan-konsumen-pengertian-jenis-dan.html, diakses 20 Mei 2018.

Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS  Update PLS Rgresi. Semarang: Universitas Diponegroro.

Irawan, Hadi, 2008. Prinsip kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex media Komputindo.

Kotler dan Keller Kevin Lane.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Laksana, Fajar.2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Panjaitan, Tagor. 2012. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Tempat, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Simpang Raya BSD Tangerang). Jurnal Manajemen, 7 (2): 71.

Gerson, Richard. F. 2008. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.

Santoso dan Widowati. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada KOPIMA (USM). Jurnal USM. 2015. Hal 1-13. 

Saradisa, dan Sitohang. 2015. Pengaruh Harga, promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Ijen Café N Resto). Jurnal Ilmu dan Riset manajemen, 4 (11): 15.

Sembiring, Suharyono, dan Kusumawati.2014. Pengaruh Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam membentuk Loyalitas Pelanggan  (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15 (1): 9.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Edisi Pertama. Yogyakarta:  SPUTAKABARUPREES.

Tjiptono. 2012. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Utami, dan Oetomo. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening  (Studi pada Konsumen Restoran Soto Lamongan “CakHar” Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4 (5): 18.

Wulandari, Isna. 2016. 6 Tips Memilih Dan Menentukan Tempat Usaha Yang Strategis. tersedia: http://centrausaha.com/tempat-usaha-strategis/, diunduh 20 Mei 2018

Wulansari, Meilanda. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Pengalaman Pemasaran, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen  (Studi Kasus pada Konsumen KFC Cabang Gaplek Tangerang Selatan). (108).

Yamin, Sofyan. 2011. Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling. Jakarta: Salemba infotek.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI