Penelitian ini dilatar belakangi oleh Situasi Perkembangan teknologi komunikasi yang berbasis penyedia layanan kartu seluler di Indonesia sangatlah pesat. Salah satunya adalah Smartfren Telecom Tbk (smartfren) awalnya bernama PT Smart Telecom Tbk dan PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8).
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan karakteristik konsumen terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall. (2) Pengaruh signifikan karakteristik tempat terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall. (3) Pengaruh signifikan karakteristik produk terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall. (4) Pengaruh signifikan karakteristik konsumen, karakteristik tempat, dan karakteristik produk terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan kausalitas. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden menggunakan teknik pengambilan sampel accident sampling dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh signifikan karakteristik konsumen terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall. (2) Ada pengaruh signifikan karakteristik tempat terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall. (3) Ada pengaruh signifikan karakteristik produk terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall. (4) Ada pengaruh signifikan karakteristik konsumen, karakteristik tempat, dan karakteristik produk terhadap respon pembelian konsumen Smartfren di Kediri Mall.
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2013. Manajemen Pemasaran. cet. II. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hikmawati, Kuncoro Aprilia dkk. 2016. Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Mahasiswa Peserta Telkomsel Apprentice Program Pembeli Kartu Simpati Di Grapari Telkomsel Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 37 No. 2 Agustus 2016. Diakses 9 Mei 2018
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2002. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Ryerson. 2009. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Sekaran, Uma. 2011. Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharno. 2010. Marketing in Practice. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Supriyono, Kuat dkk. 2014. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Rumah pada Perumahan Bukit Semarang Baru (Bsb) City Di Semarang. Jurnal Skripsi Ekonomi Manajemen 2014. Diakses 9 Mei 2018.
Swastha, Basu Dharmesta dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi