Analisis Potongan Harga dan Store Atmosphere terhadap Impluse Buying pada Konsumen Surya Swalayan Kwadungan


Author (Penulis)

MUHIMMATUL ADZIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0185

Abstract

 

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang semakin ketat dalam sektor ekonomi, terutama di sektor bisnis ritel. Oleh karena itu menuntut para marketer dari waktu ke waktu untuk terus berinovasi dengan kreativitas mereka dalam menetapkan strategi dan tujuan guna meningkatkan impluse buying (keputusan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya) melalui beberapa variabel diantaranya potongan harga dan store atmosphere pada sebuah toko, sehingga dapat meningkatkan impluse buying toko tersebut.

            Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah potongan harga dan store atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impluse buying pada konsumen Surya Swalayan Kwadungan? (2) Apakah potongan harga dan store atmosphere secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impluse buying pada konsumen Surya Swalayan Kwadungan?

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh : (1) potongan harga terhadap impluse buying di Surya Swalayan Kwadungan. (2) store atmosphere terhadap impluse buying di Surya Swalayan Kwadungan. (3) potongan harga, store atmosphere terhadap impluse buying di Surya Swalayan Kwadungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 50 responden dari konsumen Surya Swalayan Kwadungan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik accidental sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu Uji asumsi klasik dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 16.0

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signisikan antara potongan harga terhadap impluse buying di Surya swalayan Kwadungan. (2) ada pengaruh yang signisikan antara store atmosphere terhadap impluse buying di Surya swalayan Kwadungan. (3) pengaruh yang signisikan antara potongan harga dan store atmosphere terhadap impluse buying di Surya swalayan Kwadungan

 

 

 

 

Kata Kunci : Potongan Harga, Store Atmosphere (suasana toko) dan Impluse Buying.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Achmad Sani Supriyanto dan Masyuri Mahfudz, 2010. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. UIN-Maliki Press.

Adi, A. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. e-journal undip, http://e-journals1.undip.ac.id/index.php/dbr. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012. Diakses 8 Desember 2017. Hal 1-9.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Augusty, Ferdinand. 2006.  Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Thesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang:Universitas Diponegoro.

Engel, James F, Blackwell, Roger D. (2005), Perilaku Konsumen, Terjemahan Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Erma Fariantika. 2017. Analisis Hedonic Shopping Motives terhadap Impluse Buying dalam Pembelian Online Store. Kediri:Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Gancar, P. Candra. 2007. Proses Pengambilan Keputusan  Pembelian Impuls Dengan Pendekatan Psikologi Lingkungan dan Rantai Kausalitas. Jurnal Antisipasi, Vol. 10, No. 1, Hal. 172-184.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 16. Edisi 6, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunawan, Goldio Fauzian. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Distro Black ID. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Pasundan Bandung.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Ilmalana. (2012). Analisis Motivasi Konsumen Online dalam Melakukan Impluse Buying pada Transaksi C2C Commerse. Skripsi. Fakultas Ilmu sosial dan Politik Universitas Indonesia, Depok.

Istijianto, M.M., M.Com. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong dan Chin Tiong Tan. 2000. Manajemen Pemasaran Perpektif Asia (terjemahan). Edisi I. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Kotler, Philip, (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 2.Edisi Bahasa Indonesia. Jakrta: Penerbit Indeks.

Loudon, D.L. and Bitta, A.J.D. 1993. Consumer Behavior. 4td ed,McGraw Hill.

Ma’ruf, H. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Meldarianda, Restin.,Lisan, H.S. (2010). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Cafe Atmosphere Bandung, Vol17 (2), Hal 97-108.

Melina. 2017. Pengaruh Price Discount dan in-Store Display terhadap Impluse Buying, Vol19 (2), Hal 201-205.

Mowen, C.J. & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2, Edisi kelima (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Mowen, JC dan Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2, Edisi 5. Jakarta Erlangga.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media, Yogyakarta.

Putri, Yesica Tri Amanda dan Muhammad Edwar. 2015. Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount Terhadap Impluse Buying Pada Konsumen Giant Hypermart Diponegoro Surabaya. Surabaya.

Rook W D dan Garden P M. 1993. “In the Mood: Impluse Buying’s Affective Atencendents.” Research in Consumer Behavior 6(7):1-28.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran.Jakarta.Ghalia Indonesia.

Sukma Andi Erlangga et.al. 2012. “Suasana Toko Dalam Menciptakan Emosi Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian .” 6(1):60-87.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. CV.Andi Offset, Yogyakarta.

Utami. Cristian Widya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia Edisi 2. Salemba Empat.

Warahman, Rizki Mudiantono. (2017). Pengaruh Price Diskon, Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian serta Shopping Emotion sebagai Variabel Interving. Journal of Management. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro

 

 


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI