ABSTRAK
DENTY PUSPITA SARI: Analisis Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Tempat Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk. Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri,2018
Kata Kunci: Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dari pentingnya kualitas jasa dalam perusahaan. Hal tersebut mengharuskan para pelaku usaha pariwisata untuk selalu membuat inovasi-inovasi, kreatifitas yang baru serta menciptakan strategi agar mampu bersaing dengan competitor lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penelitian: (1) Lokasi secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada wisata air terjun sedudo nganjuk. (2) Fasilitas secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada wisata air terjun sedudo nganjuk. (3) Kualitas Pelayanan secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada wisata air terjun sedudo nganjuk. (4) Lokasi, fasilitas, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada wisata air terjun sedudo nganjuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif populasi, sampel penelitian ini yaitu 40 pengunjung wisata air terjun sedudo nganjuk. Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuisioner dan di uji menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi,dan hipotesis dengan software SPSS For Windows.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada tempat wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk. (2) Fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada tempat wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk. (3) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada tempat wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk. (4) Lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki signifikan terhadap kepuasan konsumen pada tempat wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk. Dengan adanya penelitian ini sebaiknya area parkir di tempat wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk diperluas agar pengunjung semakin puas.
DAFTAR PUSTAKA
Firmansyah dan Gunawan, 2007.Antara Pembangunan Ekonomi Lingkungan dan Degradasi lingkungan.Eko-Regional,106.
Yoeti, Oka A. (2003), Tours And Travel Marketing. Jakarta : Pradnya Paramita. (2006), Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya. Jakarta : Pradnya Paramita. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 25 No. 1 Agustus 2015| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Damanik J, Weber HF. 2006. “Perencanaan Ekokwisata dari Teori ke Aplikas”. ANDI Yogyakarta : Yogyakarta.
Kotler, Philip, John Bowen, dan James Makens. (2002), Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Renata Pohan. Jakarta : Prenhalindo.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. (2006), Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
https://adm-id.blogspot.co.id/2018/02/indikator-kepuasan-pelanggan-menurut-para-ahli.html?m=1
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Edisi satu. Salemba Empat. Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. (2013), Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat: Jakarta.
Tjiptono, Fandy. (2006), Pemasaran Jasa. Malang : Bayu Media. (2008), Strategi Pemasaran (edisi 3). Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Ke Dua, Andi Offset. Yogyakarta Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga terhadap...-Afifudin 17.
https//ww.google.co.id/search?q=teori+menurut+ahli+kepuasankonsumen&clien=ms-android-oppo&prmd=nimv&source=inms&sa=X&ved=OahUKEwjsgYLS96nXAhUHf7wKHSooBBoQ_AUIESgA&biw=360&bih=566&dpr=2
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung, 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfa Beta.