LINGKUNGAN USAHA, HARGA, KERAGAMAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI TOKO PODO ELING DESA JUWONO KECAMATAN KERTOSONO


Author (Penulis)

WAHYU SATRIO PRABOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0176

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono yang belum maksimal. Lingkungan usaha yang belum maksimal dikarenakan kurangnya pemilik toko dalam memperhatikan lingkungan usahanya. Harga yang sudah maksimal namun kurangnya pemberitahuan membuat konsumen masih belum mengetahuinya. Keragaman produk yang sudah maksimal namun masih kurangnya dalam penataan membuat konsumen kurang mengetahui ragam apa saja yang dijual. Kualitas pelayanan belum maksimal dikarenakan belum memerikan pelayanan yang maksimal.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh lingkungan usaha terhadap loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono. (2) Pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono. (3) Pegaruh keragaman produk terhadap loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono. (4) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu ada kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda dengan terlebih dulu menguji dengan uji validitas dan reabilitas.

Hasil penelitian secara parsial dapat disimpulkan bahwa lingkungan usaha, harga, keragaman produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono. Secara simultan lingkungan usaha, harga, keragaman produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono.

Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian disarankan bagi pemilik toko untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, apabila kebutuhan dan keinginan para konsumen dapat tercapai dan sesuai dengan apa yang telah diharapkan maka dapat dipastikan akan meningkatkan loyalitas konsumen di Toko Podo Eling Desa Juwono Kecamatan Kertosono. Dan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mengkaji lebih dalam variabel lain selain lingkungan usaha, harga, keragaman produk dan kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Kata Kunci    : Lingkungan Usaha, Harga, Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap

                         Loyalitas Konsumen


Keyword

a

Reference

Alma, B 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Buchory, Herry Achmad.; Sladin, Djaslim. 2010. Manajemen Strategil, Linda Karya. Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta :Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip & Gerry Amstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey:Pearson Preice Hall.

Kotler dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi ke-13. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, R (2013). Manajemen Pemasaran (Vol.III). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono(2015), Metode Penelitian Dan Pengenbangan (Research and Development / R&D), Cetakan ke-1, Alfabeta Bandung.

Utami, Christina Whidya. 2014. Manajemen Ritel. Jakarta :Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI