KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET OMI HUSADA MANDIRI JALAN BRANTAS WARUNGOTOK NGANJUK DITINJAU DARI POTONGAN HARGA, KEBERAGAMAN PRODUK DAN LOKASI


Author (Penulis)

SRI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0170

Abstract

ABSTRAK
SRI WULANDARI: Keputusan Pembelian pada Minimarket Omi Husada Mandiri Jalan Brantas Warungotok Nganjuk Ditinjau dari Potongan Harga, Kebergaman Produk, dan Lokasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa beberapa faktor seperti potongan harga, keberagaman produk, dan juga lokasi masih menjadi faktor penting bagi konsumen di Minimarket Omi Husada Mandiri. Akibatnya Minimarket Omi Husada Mandiri harus membuat beberapa strategi untuk mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah potongan harga, keberagaman produk dan lokasi mempunyai pengaruh secara parsial dan simultan terhadap tingkat keputusan pembelian pada Minimarket Omi Husada Mandiri.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian yang bersifat kausal. teknik non probability sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel dengan menggunakan pendekatan insidental sampling yang melibatkan 40 orang sebagai responden. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. instrumen pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa potongan harga, keberagaman produk dan lokasi mempunyai pengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Minimarket Omi Husada Mandiri. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian oleh Fadmawati (2014), Emor dan Soegoto (2015), Fikri (2018), dan Tolisindo (2017) yang menyatakan bahwa Potongan harga, keberagaman produk dan lokasi secara parsial dan simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat keputusan pembelian.
KATA KUNCI : Potongan Harga, Kebergaman Produk, Lokasi dan Keputusan Pembelian


Keyword

a

Reference

F. Daftar Pustaka
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Arsyadani, Atiq. 2015. Pengaruh Harga dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Kopma IAIN Walisongo Semarang, Skripsi Program Sarjana S1 fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Emor, Rizky Y.S dan Agus S.S 2015. Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Servicape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu, Skripsi Program Sarjana S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.
Fadmawati, P.M. 2014. Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi dan Keragaman produk terhadap Keputusan pembelian pada Minimarket Andina, Skripsi program Sarjana S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Fahmi, I. 2016, Perilaku Konsumen: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Fikri, Muhammad Zainul. 2018. Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket “ Kedai Yatim” , Skripsi Program Sarjana S1 fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Sasongko,Singgih Priatmaji. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri, Skripsi Program Sarjana S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tolisindo, Josep. 2017. Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pemblian di Indomaret Lampung Utara Kecamatan Kotabumi Utara, Skripsi Program Sarjana S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung Bandarlampung.
Utami, Christina Whidya, 2010, Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Jakarta : Slemba Empat.
Utami, Christina Whidya, 2017, Manajemen Ritel: strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi 3 Jakarta: Salemba Empat.
Wakidah, Armin. 2015. Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret, Skripsi Program Sarjana s1 Fakultas Ekonomi program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI