Analisis kualitas produk, inovasi produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada martabak dan terang bulan Holanda cabang Warujayeng, Nganjuk


Author (Penulis)

ISTI AYU AMALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0159

Abstract

ABSTRAK

 

Analisis Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Martabak dan Terang Bulan Holanda Cabang Warujayeng Nganjuk. 

Kata Kunci : Kualitas produk, inovasi produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.

Ketatnya persaingan dalam industri kuliner khususnya martabak dan terang bulan saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Untuk itu pemilik perusahaan harus dapat menciptakan kualitas produk, sehingga dibutuhkan untuk melakukan inovasi produk dalam menentukan tingkat kualitas pelayanan yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Sehingga diikuti pula oleh perusahaan kuliner martabak dan terang bulan yang semakin banyak. Salah satunya yaitu Martabak dan terang bulan holanda. Penelitian ini hasil dari pengamatan peneliti bahwa inovasi produk Martabak dan terang bulan holanda belum terkelola secara efektif.

Variabel penelitian yang telah digunakan adalah (1) kualitas produk (2) inovasi produk (3) kualitas pelayanan (4) kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan incidental sampling. Populasi berdasarkan survei adalah seluruh konsumen martabak dan terang bulan “Holanda”. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah 40 orang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari penggumpulan data menggunakan teknik kueisioner dengan menggunakan analisis data secara deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif parsial, variabel kualitas produk, inovasi produk dan  kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan secara simultan, semua faktor yaitu kualitas produk, inovasi produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA 
Amanah, Dita. 2010. M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis. Vol. 2. No 1. (2010). 

Foods In Surabaya. Skripsi. Diponegoro, Semarang. 

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet  dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Haryanto, Resty. 2013. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol. 1. No 4. (2013). http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2923/2474. Diakses tanggal 12 Februari 2015. Hal.1465-1473. Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesebelas. PT. Indeks, Jakarta. Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. PT. Indeks, Jakarta. 

http://xerma.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli.html? m=1

Kasmir. 2011. Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pers

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. 2007a. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2,  Edisi Ke 12, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2012b. Manajemen Pemasaran. Terjemahan: Ratih Hurriyati. Indonesia: PT. Indeks

Kotler, P dan Armstrong, G. 2014. Principles  of  Marketing. Edisi 15. London : Pearson Prentice

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, R. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat

Maslman, Mirna. 2014. Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol 2. No.4.(2014).

Nugroho, J Setiadi, 2006. Pengantar Bisnis, Edisi II, BPFE, Yogyakarta 

Rangkuti, F. 2011. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 

Runtunuwu, Johanes. 2014. Pengaruh Kualitas Probuk, Harga.

Sugiyono, 2009a. Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung. 

Sugiyono. 2015b. Metode Penelitian Kuantitatif, Alfabeta

Suliyanto, 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor. 

Susanto, 2004. Manajemen. Jakarta. 

Singarimbun, M. dan Effendi, Sofian. 1995. Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta. 
 
Susanti, 2009. The Influence of Image and Customer’s Satisfaction Towards Consumers Loyalty To Traditional 

Setiadi, J.N. 2011. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta 

Tjiptono, Fandy 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Umar, H. 2013. Tesis. Jakarta : Rajawali.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI