Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor suasana pasar terutama aroma lingkungan pasar yang cenderung kurang sedap, variasi produk (makanan) yang ditawarkan kurang menarik konsumen dan Keluarga sebagai salah satu faktor lingkungan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor suasana, variasi produk, dan lingkungan terhadap keputusan pembelian pada Pasar Tugu di Simpang Lima Gumul.
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan survei atau penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pelanggan yang membeli pada pegagang kaki lima di Pasar Tugu Simpang Lima Gumul Kediri sehingga populasi tidak diketahui.. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan accidental sampling. Karena jumlah populasi tidak terbatas maka sampel minimal 10 kali jumlah variabel yang diteliti, sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini sebesar 10 x 4 (variabel) = 40 responden. Analisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS windows versi 23.
Hasil penelitian ini adalah (1) Faktor Suasana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Variasi Produk memiliki tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, (3) Lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan (4) Faktor Suasana, Variasi Produk dan Lingkungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Warung-warung Pasar Tugu Simpang Lima Gumul Kediri. Saran bagi pemilik Diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan faktor suasana dan lingkungan agar konsumen berminat untuk membeli makanan dan minuman terutama dalam hal faktor suasana yang pengaruhnya paling besar terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan bagi peneliti berikutnya dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian di tempat yang berbeda serta dapat menambah variabel lain seperti harga, citra merek dan cita rasa.
Kata Kunci : Faktor Suasana, Variasi Produk, Lingkungan, Keputusan Pembelian
Kotler, P & Keller K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks
Berman, B., J.R. Evans. 2013. Retail Management. Dialihbahasakan oleh Lina Salim. Edisi 12. Jakarta : Pearson
Engel, Blackwell, Miniard. 2012. Perilaku Konsumen. Tangerang : Binarupa Aksara
Fahimah., Fauzi D.H.A., dan Hidayat Kadarisman. 2015. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis 28 (2) : 1-10
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Nuraini, D., dan Najib, M. 2015. Pengaruh Faktor Lingkungan Pada Keputusan Pembelian Produk Susu di Pasar Tradisional dan Modern. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 9 (2) : 95-111
Sinaga, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe ITS Milk Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 3 (3) : 1-9