Kajian Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri


Author (Penulis)

ERWIN APRILIANO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0155

Abstract

ABSTRAK

 

            Taman rekreasi merupakan salah satu elemen penting dalam proses pemenuhan kebutuhan akan rekreasi dan wisata. Dengan memahami kebutuhan keinginan dan permintaan konsumen. Maka penting memberikan masukan bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran untuk menciptakan kepuasan bagi konsumennya.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui (1)Pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (2) Pengaruh signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (3) Pengaruh signifikan antara harga dan kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (4) Pengaruh signifikan antara lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (5) Pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan, fasilitas, harga, lokasi secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri.

            Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengunjung konsumen yang datang di Pemancingan Tirta Alam Kediri, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden.

            Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (2) Fasilitas berpengaruh terhahadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (3) Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (4) Lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri (5) Kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pemancingan Tirta Alam Kediri.           

KATA KUNCI  : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Garwin dan Tjiptono, 2016.8 Dimensikualitas produk.Diambil dari http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/11/8-dimensi-kualitas-produk-menurut-garwin-dan-tjiptono.html?m=1

Ghozali, Imam2014.Analisis Multivariatedengan Program SPSS, Edisi Ketiga Jakarta. PT. Elex

Kotler, Philip & Armstrong.2013. Prinsip – Prinsip Pemasaran.  Jakarata: ErlanggaNasution.2005. Manajemen Produksi.Jakarta: Granmedia

Lestari nunik, 2017. Teori Kepuasan Konsumen. Diambil dari http:// lestarinunik.blogspot.co.id/2017/01/teori-kepuasa-konsumen.html?m=1

Nirwana, 2014. Prinsip-prinsip pemasaran jasa. Malang: Penerbit Dioma

Potter , Norman N, and Joseph H Hotchkiss. 2012. Food Science 5th Edition. New York : Chapman & Hall.

Rostya adi dan Yoestini,2012.  Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study kasus pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang). Semarang : Diponegoro Business Review Vol.1,No.1.

Ryan Nur Hartanto, 2010.  Analisis Pengaruh Harga, Produk, Keberihan  dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study kasus pada  Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang). Semarang : Diponegoro Business Review Vol.1,No.2.

Sasongko dan Subagio, 2013. Pengaruh Service Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-7.

Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi.Yogyakarta, Cv         Andi Offiset.

Sugianto dan Sugiharto, 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2, (2013) 1-10.

Sugiyono.2015.Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.

Sunyoto Danang.2014.Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta.CAPS(Center Academic Publishing Service).

Supranto.2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk menikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta,2011.Cet 4

Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran (edisi 4). Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran (edisi


PUBLISHED

2018-08-28

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI