ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen seperti lingkungan usaha, atmosfer tempat, nilai produk dan kualitas pelayanan tentang angkringan Pak Mi’in. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling berpengaruh sangat dominan terhadap kepuasan konsumen pada Angkringan Pak Mi;in.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh lingkungan usaha terhadap kepuasan konsumen pada Angkringan Pak Mi’in? (2) Apakah ada pengaruh atmosfer tempat terhadap kepuasan konsumen pada Angkringan Pak Mi’in? (3) Apakah ada pengaruh nilai produk terhadap kepuasan konsumen pada Angkringan Pak Mi’in? (4) Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Angkringan Pak Mi’in? (5) Apakah lingkungan usaha, atmosfer tempat, nilai produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Angkringan Pak Mi’in?. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan survei atau penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen “Angkringan Pak Mi’in” dan Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah pendekatan non probability sampling dengan menggunakan metode insidental sampling (teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Lingkungan Usaha tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen. (2) Atmosfer Tempat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen. (3) Nilai Produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen. (4) Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen. (5) Lingkungan Usaha, Atmosfer Tempat, Nilai Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen “Angkringan Pak Mi’in”.
Kata Kunci : Lingkungan Usaha, Atmosfer Tempat, Nilai Produk, Kualitas, Pelayanan,
Kepuasan Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat
Lovelock, C., J. Wirtz., dan J.Mussry. 2010. Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta : Erlangga
Mustaqim, M., Amboningtyas, D. Tanpa tahun. Pengaruh Variasi Makanan, Pelyanan, dan Atmosfer Terhadap Kepuasan Pelanggan di RM. Borobudur Semarang. Jurnal Ekonomika dan Bisnis : 1-8
Ofela, H dan Agustin, S. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(1) : 1-15
Prastiwi, M.P. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Mas Faiz Solo Baru. Naskah Publikasi : 1-14
Rasulangi, M.S, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Rumah Makan Ocean 27 Manado. Jurnal EMBA 3 (3) : 839-848
Runtunuwu, dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA 2(3) : 1803-1813
Sayektiningrum, I. 2015. Kontribusi Suasana Kedai, Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aiola Eatery Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 3 (1) : 1-10
Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Bandung Remaja
Tjiptono, F. 2014. Manajemen Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andy Offset
Tjiptono, F dan Gregorius C. 2012. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset
Yuriansyah, A.L. 2013. Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal 2 (1) : 8-1
Zeithaml, V.A dan M.J. Bitner. 2013. Services Marketing, Fifth Edition. Diterjemahkan oleh Fandy Tjiptono. New York : The McGraw-Hill Companies Inc