DETERMINAN KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BAKPIA ALMAIR KEDIRI


Author (Penulis)

ADITYA FEBRI WIJAKSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0147

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini didasari bahwa perkembangan bisnis kuliner di Indonesia yang semakin meningkat sehingga menuntut para pelaku usaha untuk meningkatkan persaingan yang berkelanjutan. Hal itu dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor kualitas produk yang selalu terjaga, pelayanan yang ramah, dan harga terjangkau, kepuasan konsumen mengenai kualitas produk, pelayanan dan harga yang diberikan serta faktor lain yang mendukung konsumen untuk melakukan pembelian secara langsung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui (1) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) Pelayanan  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, (4) Kualitas produk, pelayanan, dan harga secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden konsumen pembeli Bakpia Almair Kediri yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 23. 

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara parsial uji t menunjukkan bahwa (1) Kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Bakpia Almair Kediri, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, (2) Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Bakpia Almair Kediri, dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H2 diterima, (3) Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Bakpia Almair Kediri, dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H3 diterima, (4) Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 17,572 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, pelayanan dan harga secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. 

 

         

KATA KUNCI  : Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen


Keyword

a

Reference

 

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Wijaya , V. C. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy.  AGORA Vol. 5, No. 1, tersedia :  https://media.neliti.com, diunduh 17 November 2017.

 

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

 

Daryanto. & Setyobudi, I. (2014).  Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

 

Cahyani, G.F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Ikan Bakar Cianjur Cabang Manyar Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3, tersedia :  https://ejournal.stiesa.ac.id  diunduh 18 November 2017.

 

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program Ibm SPSS 23. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Ofela, H. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 1, tersedia : https://ejournal.stiesa.ac.id diunduh 17 November 2017.

 

Samhah, H. (2016). Pengaruh  Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen OOST Kafe Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 12, tersedia :  https://ejournal.stiesa.ac.id diunduh 16 November 2017.

 

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, P., & Keller, K, L. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 

Ratnasari., Ririn, T., and Aksa, A, H. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

 

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

 


PUBLISHED

2018-08-30

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI