Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scooter Matic Ditinjau Dari Gaya Hidup Generasi Milenial


Author (Penulis)

RINDA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0144

Abstract

 

 

ABSTRAK

 Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa gaya hidup yang semakin berubah mengakibatkan perubahan terhadap selera masing-masing individu, sehingga dalam pemilihan sepeda motor pun harus sesuai dengan gaya hidupnya. Dengan mengetahui berbagai faktor gaya hidup yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor scooter matic, maka inovasi yang dilakukan terhadap produk dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Penelitian ini untuk menganalisis (1) pengaruh aktivitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic, (2) pengaruh minat terhadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic, (3) pengaruh opini terhadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic,(4) pengaruh gaya hidup tehadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh generasi milenial di desa Panggul Trenggalek dengan jumlah sampel 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kausalitas. Alat analisa yang digunakan yaitu Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis dengan Bantuan SPSS For Windows Versi 23.

 Hasil dari penelitian ini adalah (1) aktivitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic, (2) minat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic, (3) opini secara parsial berpengaruh signifikan tehadap keputusan pembelian sepeda motor sooter matic, (4) gaya hidup ( activity, interest, opinion) secara simultan berpengaruh sigifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor scooter matic.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Minat, Opini, Gaya Hidup dan Keputusan Pembelian

 


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Aresa, Della. 2012. Pengaruh Gaya Hiudp Repurgcahse Intention. Skripsi. Depok. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Depok, Universitas Indonesia. Tersedia:  HYPERLINK "https://lib.ui.ac.id" https://lib.ui.ac.id. Di unduh 30 Oktober 2017 pukul 19.00.

Kaharu, Debora. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Jurnal (Online). Tersedia: https://ejournal.stiesia.ac.id. Di unduh pada tanggal 30 Oktober 2017 pukul 19.00.

Kotler Dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi 12, jilid 1, Jakarta: PT Indeks Gramedia Group.

Kotler Dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi 13, jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Rahmawati dan Hasbi. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Revlon (Studi Pada Remaja Perempuan Kota Bogor). E-Proceeding Of Management, Jurnal (Online). Tersedia: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id. Di unduh pada tanggal 30 Oktober 2017 pada pukul 19.00.

Prasetyo, Mochamad Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Merek Honda. Skripsi. Kediri. Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Purbi dan Nuril Huda. 2015. Pengaruh Eksternal, Internal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Banjaramasin. Wawasan Manajemen, Jurnal (Online). Tersedia:  HYPERLINK "https://jwm.ulm.ac.id" https://jwm.ulm.ac.id. Di unduh pada tanggal 24 April 2018 pukul 15.00.

Putra, Indra Mandala. 2014. Analisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Di Pekanbaru. Jom FEKON, Jurnal (Online). Tersedia: HYPERLINK "https://jom.unri.ac.id" https://jom.unri.ac.id. Di unduh pada tanggal 17 November 2017 pukul 19.00.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Cetakan ke 22, Bandung Alfabet.

Yunita, Yessy Artanti. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Pria Di Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen, Jurnal (Online). Tersedia: htpps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Di unduh pada tanggal 30 Oktober 2017 puku  19.00.

Website:

Wendy, Dwi. 2017. Estimasi Data Penjualan 10 Motor Terlaris Bulan Juni 2017. Tersedia:  HYPERLINK "https://motorbloginfo.wordpress.com" https://motorbloginfo.wordpress.com. Di unduh pada tanggal 17 Oktober 2017.

Milenial.2018.   HYPERLINK "https://id.m.wikipedia.org" https://id.m.wikipedia.org.Di unduhpadatanggal 11 Juli 2018.

Radiansyah, Rangga. 2018. Motor Bebek Masih Eksis.Tersedia:  HYPERLINK "https://m.detik.com" https://m.detik.com. Di unduh pada tanggal 2 Mei 2018.

Rusyanto, Edo. 2015. Penguasa Pangsa Pasar Motor Selama Puluhan Tahun. Tersedia:  HYPERLINK "https://edorusyanto.wordpress.com" https://edorusyanto.wordpress.com. Di unduh pada tanggal 17 Oktober 2017.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI