ANALISIS STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PRODUK, DAN PELAYANAN BARISTA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COFFEE SHOP KOLONI KOPI KEDIRI


Author (Penulis)

WISNU SETYA DARMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0142

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dunia bisnis coffee shop yang semakin menjamur dan semakin tingginya persaingan antar pelaku bisnis untuk menarik konsumen membeli produk yang ditawarkan. kondisi ini menuntut setiap pelaku usaha untuk berusaha keras berinovasi, kreatif menciptakan dan mengembangkan produk yang ditawarkan dan dijual sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Tujuan dari penelitian ini adalah(1)Mengetahui dan menganalisis pengaruh store atmosphere secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Coffee Shop Koloni Kopi. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Coffee Shop Koloni Kopi. (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan barista secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Coffee Shop Koloni Kopi. (4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara store atmosphere, kualitas produk, danpelayanan barista secara simultan terhadap kepuasan konsumen Coffee Shop Koloni Kopi.

Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling aksidental yang merupakan tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian dengan data yang berbentuk angka. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung coffee shop koloni kopi sedangkan sample dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas.Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedang kan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

            Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1)Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada coffee shop Koloni Kopi.(2)Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada coffee shop Koloni Kopi. (3)Pelayanan Barista berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada coffee shop Koloni Kopi. (4)Store atmospher, Kualitas Produk, dan Pelayanan Barista secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada coffee shop Koloni Kopi.

            Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti memberikan saran penelitian ini diharapkan dapat memberikan input positif atau pengaruh positif bagi coffee shop Koloni Kopi Kediri seperti halnya menambah varian menu kopi yang unik dan bisa dinikmati semua kalangan.

 

Kata Kunci :      Store Atmosphere, Kualitas Produk,Pelayanan Barista, Kepuasan Konsumen

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Apriyani, Sunarti 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Survey pada konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo)jurnal Administrasi bisnis vol.51, No 2.

Berman, B. dan J. R. Evans (2011). Retail Management: a strategic approach (11th ed.) Upper saddle River: Pretice Hall International, Inc.

Daryanto dan I Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta:Gava Media.

Eko Putra, Nandi (2011). Analisis Pengaruh Suasana Toko(Store Atmosphere) dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Wadezig Distro Kota Padang, Skripsi. ( www.repository.unand.ac.id/16816 )

Ghozali.2018.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9.Semarang.Undip.

Hermawan dan Saputri.2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Bebek H.Slamet Jakarta Selatan.Ilmu Administrasi Bisnis.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14th edition.New Jersey:Prentice.

Kotler, Philip and Keller, Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th  edition.New Jersey:Prentice.

Levy, Weitz, Barton A. (2009).Retailing Management (7th Ed).New york: McGraw-Hill,Irwin

Levy and weitz. (2012). Retailing Management. 8th edition Mc. Graw Hill. New York.

Saraswati, Kumadji 2013. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. (Survey Pada Pelanggan Coffe shop Star Bucks di Surabaya.) Surabaya : jurnal administrasi bisnis.

Setiawan, Andayani 2016. Analisis kepuasan konsumen (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Apik di wilayah Majalengka) jurnal ilmu pertanian dan peternakan.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta.

Tendean dan Widodo, 2013. Pengaruh store atmosphere terhadap Kepuasan konsumen (studi pada maja house sugar and cream bandung) Administrasi Bisnis,Universitas Telkom, Bandung.

Tjiptono.2016. Service, Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta.Cv.Andi Offset.

Tjiptono.2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta.Cv.Andi Offset.


PUBLISHED

2018-08-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI