Determinan Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sentra Ikan Hias Koi Desa Pranggang Plosoklaten Kediri


Author (Penulis)

HESTI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0134

Abstract

 

ABSTRAK

 

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang semakin ketat dalam sektor ekonomi, terutama di sektor bisnis perikanan. Dalam bisnis ini hanya produsen yang didukung dengan strategi pemasaran kreatif dan inovatif yang nantinya dapat bertahan dengan ketatnya persaingan, oleh karena itu sentra ikan hias desa Pranggang harus memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, cara promosi dan lokasi yang sangat mempengaruhi pada keputusan konsumen untuk membeli atau tidak.

 Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang ? (2) Apakah marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang ?

 Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 50 responden dari konsumen sentra ikan hias desa Pranggang.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kausalitas.Alat analisis yang digunakan yaitu Uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Dengan bantuan SPSS For Windows Versi 23.

 Hasi dari penelitian ini adalah (1) Marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang Plosoklaten Kediri. (2) Marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang Plosoklaten Kediri.

 

KATA KUNCI  : produk, harga, promosi, lokasi, marketing mix, keputusan pembelian.

 


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Djakarta, Deka I. 2012.Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indonesia Seller Perusahaan E-Commerce eBay.FakultasEkonomi. Universitas Diponegoro.Jurnal (Online).Tersedia: HYPERLINK "https://eprints.undip.ac.id" https://eprints.undip.ac.id.Diunduh pada tanggal 10 Mei 2018

Djamaludin Karim, Jantje L. Sepang, Bode Lumanauw. 2014. Marketing MixPengaruhnya Terhada Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Jurnal (Online). Tersedia HYPERLINK "http://ejournal.unsrat.ac.id" http://ejournal.unsrat.ac.id .Diunduh pada tanggal 3 November 2017

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi  Ketujuh.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, M Iqbal. 2002.Manajemen : Analisa Sistem Pengambilan Keputusan.  Jakarta : Ghalia Indonesia

Krisnawati, Imilda. 2017. Pengaruh Kualtias Pelayan,Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di J&T Ekspress Cabang Nganjuk.UN  PGRI KEDIRI.Tersedia : HYPERLINK "https://simki.unpkediri.ac.id.Diunduh" https://simki.unpkediri.ac.id.Diunduhpada tanggal 25 April 2018

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-PrinsipPemasaran, edisi 12, jilid 1. Jakarta : PT. Indeks Gramedia Group

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi 13, jilid 1, Jakarta : Erlangga

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta : Pranemadia Group

Nopitasari, Rizki. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran (Product, Price, Place,  Promotion) Terhadap Volume Penjualan Es Krim Pak BosCampurdarat Tulungagung.Skripsi.Tidak dipublikasikan. Kediri. Fakultas Ekonomi. Unp Kediri

Oktafianto, Hanif. Djawoto.2015. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Prabayar TRI Pada Mahasiswa STESIA Surabaya.FakultasEkonomi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Jurnal(Online).Tersedia :https://repository.stiesia.ac.id . Diunduh pada tanggal 25 April 2018

Prasetyo, Mochamad Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap KeputusanPembelian Produk Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus Pada Dealer Galaxy Motor Kediri).Skripsi.Tidak dipublikasikan. Kediri. Fakultas Ekonomi. Unp Kediri

Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran).Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, FT, Universitas Negeri Semarang.Jurnal (Online).Tersedia : HYPERLINK "https://journal.unnes.ac.id" https://journal.unnes.ac.id. Diunduh pada tanggal 15 oktober 2017

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Cetakan ke  22, Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET

Utami, Puspa Arum. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Kopma Universitas Negeri Yogyakarta.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.Jurnal(Online).Tersedia :https://eprints.uny.ac.id.Diunduh pada tanggal 10 Mei2018.

Wulandari, Wahju. 2012. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waserda UKM Mart Koperasi Widyagama Malang.Fakultas Ekonomi. Universitas Widyagama Malang.Jurnal (Online).Tersedia : HYPERLINK "https://scholar.google.com" https://scholar.google.com. Diunduh pada tanggal 25 April  2018

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI