ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang semakin ketat dalam sektor ekonomi, terutama di sektor bisnis perikanan. Dalam bisnis ini hanya produsen yang didukung dengan strategi pemasaran kreatif dan inovatif yang nantinya dapat bertahan dengan ketatnya persaingan, oleh karena itu sentra ikan hias desa Pranggang harus memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, cara promosi dan lokasi yang sangat mempengaruhi pada keputusan konsumen untuk membeli atau tidak.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang ? (2) Apakah marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang ?
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 50 responden dari konsumen sentra ikan hias desa Pranggang.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kausalitas.Alat analisis yang digunakan yaitu Uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis. Dengan bantuan SPSS For Windows Versi 23.
Hasi dari penelitian ini adalah (1) Marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang Plosoklaten Kediri. (2) Marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sentra ikan hias koi desa Pranggang Plosoklaten Kediri.
KATA KUNCI : produk, harga, promosi, lokasi, marketing mix, keputusan pembelian.
Daftar Pustaka
Djakarta, Deka I. 2012.Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indonesia Seller Perusahaan E-Commerce eBay.FakultasEkonomi. Universitas Diponegoro.Jurnal (Online).Tersedia: HYPERLINK "https://eprints.undip.ac.id" https://eprints.undip.ac.id.Diunduh pada tanggal 10 Mei 2018
Djamaludin Karim, Jantje L. Sepang, Bode Lumanauw. 2014. Marketing MixPengaruhnya Terhada Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Jurnal (Online). Tersedia HYPERLINK "http://ejournal.unsrat.ac.id" http://ejournal.unsrat.ac.id .Diunduh pada tanggal 3 November 2017
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, M Iqbal. 2002.Manajemen : Analisa Sistem Pengambilan Keputusan. Jakarta : Ghalia Indonesia
Krisnawati, Imilda. 2017. Pengaruh Kualtias Pelayan,Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di J&T Ekspress Cabang Nganjuk.UN PGRI KEDIRI.Tersedia : HYPERLINK "https://simki.unpkediri.ac.id.Diunduh" https://simki.unpkediri.ac.id.Diunduhpada tanggal 25 April 2018
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-PrinsipPemasaran, edisi 12, jilid 1. Jakarta : PT. Indeks Gramedia Group
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi 13, jilid 1, Jakarta : Erlangga
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta : Pranemadia Group
Nopitasari, Rizki. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Volume Penjualan Es Krim Pak BosCampurdarat Tulungagung.Skripsi.Tidak dipublikasikan. Kediri. Fakultas Ekonomi. Unp Kediri
Oktafianto, Hanif. Djawoto.2015. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Prabayar TRI Pada Mahasiswa STESIA Surabaya.FakultasEkonomi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Jurnal(Online).Tersedia :https://repository.stiesia.ac.id . Diunduh pada tanggal 25 April 2018
Prasetyo, Mochamad Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap KeputusanPembelian Produk Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus Pada Dealer Galaxy Motor Kediri).Skripsi.Tidak dipublikasikan. Kediri. Fakultas Ekonomi. Unp Kediri
Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran).Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, FT, Universitas Negeri Semarang.Jurnal (Online).Tersedia : HYPERLINK "https://journal.unnes.ac.id" https://journal.unnes.ac.id. Diunduh pada tanggal 15 oktober 2017
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Cetakan ke 22, Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET
Utami, Puspa Arum. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Kopma Universitas Negeri Yogyakarta.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.Jurnal(Online).Tersedia :https://eprints.uny.ac.id.Diunduh pada tanggal 10 Mei2018.
Wulandari, Wahju. 2012. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waserda UKM Mart Koperasi Widyagama Malang.Fakultas Ekonomi. Universitas Widyagama Malang.Jurnal (Online).Tersedia : HYPERLINK "https://scholar.google.com" https://scholar.google.com. Diunduh pada tanggal 25 April 2018