ABSTRAK
Reta Parama Dewi Akas :Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada SNW Motor (Jalan Raya Tawang-Wates-Kediri), Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.
Berkembangnya industri transportasi menyebabkan SNW Motor Wates terus meningkatkan daya saingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik hubungan kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden yang menggunakan dan membeli sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara harga terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Honda pada SNW Motor Wates. (2) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates. (4) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada SNW Motor Wates.
KATA KUNCI : Keputusan pembelian, Harga, Promosi, dan Kualitas Produk
DAFTAR PUSTAKA
Alma, buchari.2013. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
_____.2014. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik.Jakarta: Reneka Cipta
Assauri,Sotjan.2015.ManajemenPemasaran:Dasar,Konsep,danStrategi.Jakarta: PT Grafindo Persada
C.J.Gerung,J.Sepang,S.Loindong.2017.Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT.Wahana Wirawan Manado.Jurnal EMBA, (online) 3:2221-2229. Tersedia:https://media.neliti.com/media/publications/141323-ID-pengaruh-kualitas-produk-harga-dan-promo.pdf. Diunduh : 21 Mei 2018
D.R.Rawung,S.G.Oroh,J.S.B.Sumarauw.2015.Analisis Kualitas Produk, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki pada PT.Sinar Galesong Pratama Manado.Jurnal EMBA Vol.3 No.3, Hal. 1298-1308, Tersedia : https://media.neliti.com/media/publications/2789-ID-analisis-kualitas-produk-merek-dan-harga-terhadap-keputusan-pembelian-sepeda-mot.pdf. Diunduh : 22 April 2018
Eko,Putra.2016.Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Merek dan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Pasaman Barat.e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 4, Nomor 3, 165-168, Tersedia : stie-yappas.ac.id/e-jurnalapresiasiekonomi/jurnal/432.pdf. Diunduh : 22 April 2018
Ghozali,Imam.2018.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.Semarang:Universitas Diponegoro
J.Paul,Peter dan Jerry ,C.Olson.2013.Perilaku Konsumen danStrategiPemasaran.Jakarta:Salemba Empat
Kotler,Philip&Amstrong,Gary.2011. Principel of Marketing, 10th Edition/International Edition.New Jersey:Prentice Hall
_______. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2. Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga
______.2014.Principel of Marketing. Jakarta: Erlangga
Kotler,Philip&KellerL,Kevin.2009. Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.New Jersey:Pearson Prentice Hall
_____.2012.Marketing Manajemen13.New Jersey:Pearson Prentice Hall
Lupyoadi,Rambat. 2013.Manajemen Pemasaran Jasa.Jakarta:Salemba empat
Murwatiningsih, Erin Puri Apriliani.2013.Apakah Kepercayaan Konsumen Lebih Efektif Daripada Risiko dan Harga?.Jurnal Dinamika Manajemen.4, 180-187,Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/download/2761/2818. Diunduh: 23 April 2018
Ody,Yustiawan.2016.Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario.Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen,Tersedia:https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1474/1432. Diunduh : 22 April 2018
Sanusi,anwar.2014.Metodologi penelitian bisnis.Jakarta:Salemba empat
Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran :Teori dan Implementasi. Yogyakarta:Andi
Sugiyono.2015.Metode penelitian pendidikan.Bandung:Alfabeta
_______.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta
Supranto,J.2010.Statistika.Jakarta: Erlangga
Swasta,Basu dan Irawan.2011.Asas-asas Marketing.Yogyakarta:Liberty
Tjiptono,fandy,Ph.D.2010.Strategi
Pemasaran:Edisi 2.Yogyakarta:Andi offset
_______.2012.ManajemenStrategik. Yogyakarta: Andi
________.2014.PemasaranJasa. Yogyakarta:Andi
________.2017.Strategi Pemasaran:Edisi 4.Yogyakarta: Andi
Yudhi,Soewito.2013.Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio.Jurnal EMBA, Vol.1 No.3,Hal:218-229, Tersedia:https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1649/1315. Diunduh : 22 April 2018