DETERMINAN LOYALITAS PELANGGAN DITINJAU DARI HARGA, VARIASI PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN DI LARISSA AESTHETIC CENTER


Author (Penulis)

CAHYANY MULIASARY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0129

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan dunia bisnis kecantikan yang semakin pesat. Oleh karena itu perlu adanya strategi-strategi pemasaran yang tepat. Untuk mencapai target yang tepat perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan.

Tujuannya adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan di Larissa Aesthetic Center (2) pengaruh variasi produk terhadap loyalitas pelanggan di Larissa Aesthetic Center (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Larissa Aesthetic Center.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 pelanggan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan uji t dan uji F menggunakan SPSS versi 23.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil uji t sebesar 3,080. Variasi produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil uji t 7,638. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan hasil uji t  4,696. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F yang menyatakan bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 30,599 > 2,87 yang berarti harga, variasi produk, dan kualitas pelayanan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian disarankan agar ada perbaikan harga, penambahan variasi produk, dan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memenuhi kebutuhan sehingga dapat menambah loyalitas pelanggan di Larissa Aestetic Center. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan model penelitiannya, menambah variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian dan menambah sampel lebih banyak sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat.


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Adam, Muhammad. 2015, Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Ali, Hasan. 2013, Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS  (Center For Academic Publishing Service).

Dr. Sudaryono. 2016, Manajemen Pemasaran : Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Alfabeta

Djohan, A.J. 2016. Manajemen & Strategi Pembelian. Malang : Media Nusa Creative.

Dwi Cahyono, Heri. 2013. Pengaruh Keragaman Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen, tersedia : http://repository.unej.ac.id, diunduh 20 Desember 2017

Eugenia Andrea Dennisa, Suryo Budi Santoso. 2016,

Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Pelanggan Melalui variabel intervening, tersedia https://ejournal3.undip.ac.id, diunduh 20 Desember 2017

Ghozali, Imam. 2013, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, 2011. SPSS 16 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kotler dan Keller, 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, R. 2014, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta : Salemba Empat.

Marchella Dwichandra, Agus Hermani, Sari Listyorini 2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Shampo Pantene, tersedia : https://media.neliti.com, diunduh 30 Maret 2018.

Payangan, Prof. Dr. Otto R.,SE. 2014, Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor : IPB Press.

Priyatno, Duwi. 2016, Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.

Riduwan, dkk. 2014. Pengantar Statistik. Bandung : Alfabeta.

Rizellia, Sampurno, Achmad Fudholi. 2014. Analisis Pengaruh Atribut Yang Berhubungan Dengan Produk dan Pembelian Terhadap Loyalitas : Studi Pada Konsumen Produk Martha Tilaar Di Kabupaten Blora, tersedia : https://jurnal.ugm.ac.id, diunduh 20 Desember 2017.

Sugiyono. 2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.

Sunyoto, D. 2014, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sudijono, A. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Santosa, P.B & Hamdani, M.2007. Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta : Erlangga

Tjiptono, Fandy. 2011, Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Utami, Christina Whidya. 2010, Manajemen Ritel. Jakarta : Salemba Empat.

Utami, Christina Whidya. 2017, Manajemen Ritel. Jakarta : Salemba Empat.

Wibowo, A.2012, Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta : Gava Media

Wahyu Permana, Yayan. 2017, Pengaruh Keragaman Produk Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Berkah Mandiri Mojo Kediri, tersedia : http://simki.unp.kediri.ac.id, diunduh 18 Desember 2017.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI