Dampak Kualitas Pelayanan, Citra Toko, dan Diskon terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Marmer Puspita Alam Campurdarat


Author (Penulis)

DEDY RIANDAKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0122

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan dunia bisnis terutama bisnis ritel mengalami peningkatan karena perubahan pada perilaku konsumen (belanja mudah dan cepat). Konsumen memiliki berbagai macam keinginan pada pola berbelanja yang akan menjadi tolak ukur yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian dan menjadi loyal. Dalam menjalankan usahanya, pemilik bisnis ritel harus memahami keinginan dan faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen agar usahanya tetap bertahan dan dapat bersaing.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, citra toko dan diskon berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Marmer Puspita Alam di Desa Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung.

            Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Toko Marmer Puspita Alam dari bulan April – Juni tahun 2018 dengan diambil sampel sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan responden yang sudah pernah membeli produk marmer di Toko Puspita Alam. Ini dimaksudkan agar responden benar-benar paham dengan produk dari Puspita Alam. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan pendekatan kausalitas.

            Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan variabel kualitas pelayanan, citra toko dan diskon secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Marmer Puspita Alam

 

Kata Kunci : Kualitas pelayanan, citra toko, diskon dan loyalitas konsumen


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan program. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Henriawan, D. (2015).Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Competition Vol. 6 No. 2, 71-82. Https://ejournal.Ikopin.ac.id. Diunduh pada 30 Maret 2018

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Heryanti, E. (2015). Kualitas Pelayanan Store Atmosphere Private Brand terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Komunikologi Volume 12 Nomor 1, 16-28. Https://ejornal.esaunggul.ac.id. Diunduh pada 30 Maret 2018.

Hurriyati, R. (2012). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Husna, A. P. (2011). Pengaruh Persepsi Harga Citra Toko dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume 10 Nomor 1, 1-32. Https://ejournal.undip.ac.id. Diunduh pada 30 Maret 2018

Lupioyadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Prasojo, E. P. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Diskon Terhadap Loyalitas Pelanggan di Auto2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No. 11, 1-15. Https://ejournal.stesia.ac.id. Diunduh pada 30 Maret 2018

Ratih, H. (2012). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Rojabi, M.N. (2015). Pengaruh Citra Toko terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol. 20 No. 1, 1-7. Https://ejournal.medianeliti.com. Diunduh pada 30 Maret 2018

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran : Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba empat.

www.bps.go.id. Perkembangan Perekonomian Indonesia. Diakses pada tanggal 15 April 2018


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI