Membangun Epic Cafe Nganjuk Melalui Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen


Author (Penulis)

MEI LASTIRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0116

Abstract

ABSTRAK

 

Mei Lastira: Membangun Epic Cafe Nganjuk Melalui Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Bisnis kuliner mengalami perkembangan pesat di dunia usaha, terutama usaha yang bergerak dibidang industri jasa makanan dan minuman. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa harga, lokasi, dan kualitas pelayanan sangat mempengaruhi kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan harga terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan harga, lokasi, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah kausal (sebab-akibat). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental dan sampel yang digunakan sebanyak 40 responden yang melakukan pembelian di Epic Cafe Nganjuk dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.

Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Harga berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. (2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk. (4) Harga, lokasi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Epic Cafe Nganjuk.

 

KATA KUNCI : Kepuasan Konsumen, Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Afifudin. 2016. Pengaruh Lokasi, Promosi, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Wisata Bahari Lamongan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 5 (12): 3-4, tersedia:https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/download/2683/2392, diunduh 24 Maret 2018.

 

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.

 

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta : Reneka Cipta.

 

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Januar, E.P. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen, (Online), 11 (2): 266-270, tersedia: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/Sawala/article/view/464, diunduh 11 April 2018.

 

Lovieana. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kacang Shanghai Gangsar Tulungagung. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

 

Ofela, H. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 5 (1): 1-15, tersedia: https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1464/1421, diunduh 23 November 2018.

 

Paul, J. 2011. Perilaku Konsumen Edisi 4. Jakarta : Penerbit Erlangga.

 

Priscillia, D.R. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, (Online), 1 (4): 718-728, tersedia:https://ejournal.unsrat.ac.id/indx.php/emba/article/view/2755, diunduh 20 Oktober 2017.

 

Saradissa, C.N. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Ijen Cafe N Resto Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), 4 (11): 4-16, tersedia: https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/download/3095/2624, diunduh 11 Oktober 2017.

 

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

 

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

 

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 

Utami, Christina Whidya. 2017.Manajemen Ritel Edisin 3. Jakarta: Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI