Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Kesadaran Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo (Studi Kasus Pada Garden Cell Kediri)


Author (Penulis)

INDRA WAHYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0108

Abstract

ABSTRAK

 

Indra Wahyuningtyas : Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Kesadaran Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek OPPO. Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Perusahaan dituntut agar bisa meningkatkan daya saingnya secara terus menerus. Salah satunya adalah Garden Cell Kediri, usaha ritel handphone ini harus berupaya agar produknya dapat terus diterima oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh yang promosi terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri, (4) mengetahui dan menganalisis pengaruh kesadaran merek, harga, dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian hubungan kausal. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Garden Cell Kediri dengan sampel sejumlah 40 responden. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling tepatnya sampling insidental dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri, (2) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri, (3) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri, (4) kesadaran merek, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek OPPO di Garden Cell Kediri.

 

KATA KUNCI  : Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Harga, Promosi


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis. Jakarta : Salemba 4.

 

Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

 

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasarann Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

 

Anggana, Idris. 2017. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Xl Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro. Diponegoro Journal Ofmanagement. (Online) 6 (1): 7-8, tersedia: http://eprints.undip.ac.id/51523/1/18_ANGGANA.pdf. Diunduh 16 April 2018.

 

Anwar, Iful. 2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. (Online) 4 (12): 2-3, tersedia:simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.02.02.0540.pdf. Diunduh 31 Desember 2017.

 

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.RINEKA CIPTA.

 

Chandra, Ardi. 2016. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Ekuitas Merek Smartphone Di Surabaya. Artikel Ilmiah. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

 

Gifani, Syahputra. 2017. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. eJournal Bisnis Dan Iptek, (Online) 10 (2): 81-82, tersedia: http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/bistek/article/view/190. Diunduh 16 April 2018.

 

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

 

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS

Inayati, dan Wahyuni. 2017. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. (Online) 6 (4):4-5, tersedia: https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/download/3064/2600. Diunduh 16 April 2018.

 

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid 1. Jakarta : PT.Gramedia.

 

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Pearson: Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

 

Kusumawati, Musriha dan Istanti. 2017. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Surabaya, Jurnal Manajemen Branchmark. (Online) 3 (3): 905-906, tersedia: http://fe.ubhara.ac.id/ojs/index.php/ebranchmarck/article/view/601. diunduh 16 April 2018.

 

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

 

Lupiyoadi, R. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Cetakan Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

 

Manday Jilly. 2013. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA, (Online) 1 (4): 97-99, tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2577. Diunduh 16 April 2018.

 

Sukirno. 2011. Strategi Penetapan Harga. Jakarta: Rajawali Pres.

 

Surachman. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. Malang : Bayumedia Publishing.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

 

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sunyoto, Danang. 2014. DASAR-DASAR MANAJEMEN PEMASARAN. Yogyakarta: Buku Seru.

 

Shafi, Syed Irfan and Madhavaiah, C.2013. The Influence of Brand Equity on Consumer Buying Behaviour of Organic Foods in India. Journal of Marketing & Communication. Vol 9 Issue 2 Pp 44-51.

 

Tjiptono, Fandy.2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

 

Tjiptono, Fandy.2014. Pemasaran Jasa-Prinsip. Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

 

Tjiptono, Fandy.2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

 

Utami, C.W.2017. Manajemen Ritel. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

 

Supranto, J. 2010. Statistika. Jakarta : Erlangga.

 

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

 

Website Internet:

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_for_teens_index_2018

 

http://eprints.ums.ac.id/view/year/2015.

 

https://henzmail.wordpress.com/2016/06/2

 

http://eprints.ums.ac.id/view/year/2015.

 

http://digilib.unila.ac.id/6528/15/BAB%2

 

http://contohsuratid.blogspot.com/2016/1

 

https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/arti

 

http://admisibisnis.blogspot.com/2016/03

 

https://core.ac.uk/download/pdf/13228787


PUBLISHED

2018-08-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI