UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN MELALUI MARKETING MIX (HARGA DISKON, KUALITAS PRODUK DAN LAY OUT) PADA SWALAYAN DINASTI KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

YANU IKTIYAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0105

Abstract

ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pemenuhan kebutuhan dan keinginan tersebut akan menyebabkan penawaran barang semakin komplek baik dari segi macam maupun jumlahnya. Keadaan tersebut berdampak positif bagi dunia eceran yang ada di Indonesia mulai dari pertokoan ,mini market sampai swalayan. Berdasarkan pada pengamatan swalayan ini dikemas lebih praktis disbanding dengan supermarket karena swalayan mampu menyediakan kebutuhan pasar dengan konsep yang dapat dinikmati masyarakat dengan berbagai kalangan. Dampak dari semakin banyaknya swalayan berdiri adalah persaingan yang ketat antara swalayan satu dengan lainnya. Ketatnya persaingan antar swalayan membuat pengusaha untuk meningkatkan strategi pemasyarannya yaitu melalui pemberian harga diskon, kualitas produk dan penataan lay out swalayan maupun display barang yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan mengenai harga diskon, kualitas produk dan lay out (tata letak) toko secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Dinasti Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Variabel bebas dari penelitian ini adalah harga diskon, kualitas produk dan lay out, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 21.
Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga diskon, kualitas produk dan lay out berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Dinasti Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas harga diskon, kualitas produk dan lay out berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di Swalayan Dinasti Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, dengan besarnya harga diskon, kualitas produk dan lay out dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 76% dan sisanya yaitu 24% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dapat disarankan bagi perusahaan diharapkan untuk bisa mempertahankan hal tersebut bahkan ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Ghanitama, Fifyanita. 2015. Analisis Pengaruh Harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Pembelian Produk Barang Huwana Erlina Semarang) Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol 4, No 2
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
__________ dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Terjemahan oleh Bob abran, M.M. Jilid 1. PT Gelor Aksara Pratama. Jakarta.
Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.
Supirman. 2015. Pengaruh keragaman produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Eramart Sentosa Samarinda. Jurnal ekonomi dan administrasi bisnis, vol 4, No 4
Sutisna. 2001. Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Pertama. PT.Remaja Rosda Karya. Bandung


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI