ABSTRAK
Saat ini perkembangan industri jasa pengiriman mengalami peningkatan yang cukup pesat. Era globalisasi menuntut manusia untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Salah satu industri jasa yang juga mengalami dinamika dalam pengembangannya adalah jasa pengiriman barang. Dalam ketatnya persaingan usaha jasa pengiriman barang, para pengusaha dituntut melakukan trobosan-trobosan untuk meraih kepuasan konsumennya, diantaranya yaitu dengan dengan menyediakan peningkatan kualitas pelayanan, menyediakan berbagai fasilitas, dan menetapkan harga yang sesuai untuk meraih kepuasan konsumen.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, 2) untuk mengetaahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen, 3) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen.
Pendekatan yang digunakan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purporsive sampling, dengan menggunakan 40 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokolerasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji simultan (uji F).
Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk jasa pengiriman barang J&T Ekspress Hendaknya meningkatkan Kepuasan konsumen lebih menitik beratkan pada kualitas pelayanan, dilihat dari kuesioner.
KATA KUNCI : kualitas pelayanan, fasilitas, harga, dan kepuasan konsumen
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta: PT.Rineka Cipta.
Arviantama, dkk. 2016. Peningkatan Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Untuk Kepuasan Pelanggan Agar Tercipta Loyalitas Pelanggan Studi Pada Pelanggan Gedung Serbaguna DPPPKAD Kabupaten Semarang.Jurnal. Semarang. Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran.
Christoper Lovelock & Laurent K Wirght, 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks Indonesia.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro.
Ghozali. 2014.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ekspedisi Surabaya. Jurnal. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STESIA).
Kotler, Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. PT.Indeks. Jakarta.
Kotler, p. d. 2008. manajemen pemasaran jilid 1. jakarta: erlangga.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 jilid 1 dan 2. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Nasution, M. 2010. Manajemen Jasa Terpadu, Cetakan Kedua. Indonesia: Ghalia.
Prasetyo. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal.Semarang.Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.
Tjiptono,F.Chandra,G.2011. Service, Quality & Statisfaction Edisi 3. Andi Offset. Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Toriq, Martoatmojo. 2014. Pengaruh Fasilitas Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada SPBU Pertamina 54.612.64 di Sidoarjo.
Yunus, Budiyanto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol 3, No 12.
//http//.www.detik.com