KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, HARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KEDIRI ECO PARK


Author (Penulis)

PURWANING RAHAYU DIASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0102

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi kepuasan konsumen akan memiliki pengaruh  bagi faktor  lain,  terutama  bagi  minat  berkunjung ulang  dari  konsumen. Kepuasan konsumen  tidak  akan  timbul  dengan  sendirinya  tanpa  hadirnya  dari sebuah kualitas pelayanan, promosi dan harga yang telah dirasakan oleh konsumen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh setiap variabel yaitu kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap kepuasan konsumen di Kediri Eco Park?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jumlah sampel 40 responden yang diperoleh dengan menggunakan teori Sugiyono. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS for windows Versi 23.

Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial kualitas pelayanan (X1) memperoleh nilai thitung sebesar 2,294 signifikan pada 0,028, ttabel adalah sebesar 2,028 yang berarti thitung > ttabel dan nilai signifikan kualitas pelayanan sebesar 0,028 < 0,05. Promosi (X2) memperoleh nilai thitung sebesar 4,756 signifikan pada 0,000, ttabel adalah sebesar 2,028 yang berarti thitung > ttabel dan nilai signifikan promosi sebesar 0,000 < 0,05. Harga (X3) memperoleh nilai thitung sebesar 3,200 signifikan pada 0,003, ttabel adalah sebesar 2,028 yang berarti thitung > ttabel dan nilai signifikan harga sebesar 0,003 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Amelia, N.Z. 2012. Uraian Tugas dan Tanggung Jawab. (online). tersedia:https://www.scribd.com/doc/76995194/Uraian-Tugas-Dan Tanggung-Jawab,diunduh 20 Mei 2018.

Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Buchari, A. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Desi. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Dhurup, M., Mafini, C & Dumasi, T. 2014. Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyality.Jurnal Manajemen, (Online), 17(1): 5, tersedia:(http://journal.maranatha.edu/jm), diunduh 14 Mei 2018.

Fernando, S. 2017. Harga, Kualitas Layanan, Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengunjung Suroboyo Carnival Night, 6(9).(Online), tersedia: (https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/3205),diunduh 18 Juli 2018.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, N.F.H. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.

Harahap, E.S.A.K. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung di Museum Ronggowarsito Semarang, 1(1). (Online),tersedia:(http://eprints:dinus.ac.id/jurnal.pdf),diunduh: 18 Juli 2018.

Haryono, B. PM. 2016. How To Win Customer Through Customer Service With Heart. Yogyakarta: Andi.

Hidayat, D. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Pengunjung di Gembira Loka,(Online),tersedia:http://repository.upy.ac./id/eprint/1310, diunduh 22 April 2018.

Lupiyoadi,R. 2014. ManajemenPemasaran Jasa (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Niggar.2016Pengetahuan Kepariwisataan. (Online),tersedia:http://ninggardnf.com/pengertian-manfaat-dan-tujuan pariwisata.html, diunduh 22 April 2018.

Novarini & Anggraini, N. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Dan Promosi Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Hidden Canyon Beji Guwang, 15(2).(Online),tersedia:(http://ojs.stimihandayani.ac.id),diunduh 18 Juli 2018.

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan (Edisi 3). Jakarta: Salemba Medika.

Priyatno, D. 2013. Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rahmawati, K.D & Dwihartanti, M. 2016. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, 6(1). (Online), tersedia: (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/adps1/article/view/8740), diunduh 18 Juli 2018.

Ratnasari, R.T., dan M.H. Aksa. 2016. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sangkaeng, S., Mananeke, L. & Oroh, G,S. 2015.Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara, 3(3). (Online),tersedia:(https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/10),diunduh: 18 Juli 2018.

Sanusi, A. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, AE. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sunyoto, D. 2014. Dasar- Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. 2016. Service, Quality dan Satisfaction (Edisi 4). Yogyakarta: Andi Offset.

Utami C.W. 2017. Manajemen Ritel (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI