DETERMINAN MINAT UNTUK MEREFERENSIKAN MELALUI WORD OF MOUTH DI KAFE SANDEI KEDIRI DITINJAU DARI SEGMENTASI PASAR, VARIASI PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN


Author (Penulis)

DILLA RIZQI YUNANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0098

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena menjamurnya kafe sebagai tempat santai dan tempat nongkrongnya anak muda di Kediri. Beberapa permasalahan yang ditemui di Kafe Sandei adalah penempatan segmentasi yang kurang terarah, menu yang disajikan menu yang disajikan dari awal kafe buka hingga saat ini belum ada variasi ataupun pembaruan. Di jaman digital ini juga seharusnya dapat dimanfaatkan bagi pengelola kafe untuk dapat melakukan promosi agar memperluas konsumen kafe. Pelayanan yang baik dari pihak Kafe Sandei, sehingga konsumen yang datang akan merasa diperhatikan dan cenderung akan menceritakan pengalaman yang baik tentang Kafe Sandei.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar, variasi produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap minat mereferensikan melalui word of mouth baik secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan kausalitas. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 50 responden menggunakan teknik pengambilan sampel accident sampling dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23

Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh signifikan secara parsial segmentasi pasar terhadap minat mereferensikan melalui word of mouth. (2) Ada pengaruh signifikan secara parsial variasi produk terhadap minat mereferensikan melalui word of mouth.. (3) Ada pengaruh signifikan secara parsial promosi terhadap minat mereferensikan melalui word of mouth. (4) Ada pengaruh signifikan secara parsial kualitas pelayanan terhadap minat mereferensikan melalui word of mouth. (5) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara segmentasi pasar, variasi produk, promosi, dan kualitaspelayanan terhadap minat mereferensikan melalui word of mouth.

 

 

KATA KUNCI: Mereferensikan, Segmentasi Pasar, Variasi Produk, Promosi, dan Pelayanan.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Hikmawati, Kuncoro Aprilia dkk. 2016. Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Mahasiswa Peserta Telkomsel Apprentice Program Pembeli Kartu Simpati Di Grapari Telkomsel Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 37  No. 2 Agustus 2016. Diakses 9 Mei 2018.

 

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller2012. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

 

Lukman, Syamsudin. 2007. Manajemen Pemasaran Konsep dan Aplikasi.

 

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

 

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson2002. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

 

Ryerson. 2009. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

 

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

 

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.

 

Suharno2010. Marketing in Practice. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Swastha, Basu Dharmesta dan Irawan2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

 

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

               . 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

 

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

 

Supriyono, Kuat dkk. 2014. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Rumah pada Perumahan Bukit Semarang Baru (Bsb) City Di Semarang. Jurnal Skripsi Ekonomi Manajemen 2014. Diakses 9 Mei 2018.

 

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

 

              , Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

 

              , Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

 

Utami, C.W. 2017. Manajemen Ritel, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

 

Zulhelmi dan Albert. 2016. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sparepart Sepeda Motor Merek Strong di Pekanbaru. Procuratio  Vol.04, No.03, September 2016. Diakses 9 Mei 2018.

 

http://-databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/10/12/. Diakses pada tanggal 21 April 2018.

 


PUBLISHED

2018-08-26

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI