ABSTRAK
Dengan semakin meningkatnya industri otomotif terutama kendaraan roda dua di Indonesia, perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan, sehingga tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Aries Motor Kota Kediri secara parsial dan simultan. Variabel yang digunakan yaitu Kualitas Produk, Harga, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh customer yang melakukan pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Aries Motor Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket). Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam angket disusun berdasarkan skala likert. Pengukuran kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows yang menunjukkan hasil valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama yang diuji menggunakan SPSS v.21 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan variabel citra merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya, dan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam meningkatkan keputusan pembelian.
KATA KUNCI : Keputusan Pembelian, Kualitas produk, Harga, dan Citra Merek
DAFTAR PUSTAKA
Angiopora, Marius P. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Cannon, Joseph P., Wiliam D.Perreault Jr. dan Jerome Mccarthy. 2011. Alih Bahasa : Diana Angelia dan Ria Cahyani. Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Jakarta:Salemba Empat
Dharmmesta, Basu Swasta., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Durianto, Darmadi dkk. 2004. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
Ganjar priyambodo, Adi prabowo, Ida farida 2014. Pengaruh produk, harga, Promosi dan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry Di Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol11, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Edisi Ketiga, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Goenadhi, Lydia. 2011. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin”. Jurnal Manajemen dan Akutansi, Vol. 12, No.2.
Helfin, Frinces, Z. 2012. Be An Entrepreneur. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, Agung. 2015. Pengaruh Harga dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ramayana Departement Store Yogyakarta. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 1 No. 1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Miro, Fidel. 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2006, Prinsip-prinsip pemasaran, Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip. 2010, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian,(Terjemahan Angella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 8, Jakarta: Prehallindo
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2010, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2010, Prinsip-prinsip Pemasaran, (Terjemahan Angella Anitawati Hermawan), Jilid I Edisi 5,Jakarta: Prehallindo
Kotler, Philip dan Amstrong , Gary. (2011). 10th Edition. “Marketing an Introduction” . Indonesia: Pearson.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran, (Terjemahan Angella Anitawati Hermawan), Jilid I Edisi 6, Jakarta: Prehallindo
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Lupiyoadi, Rambat . 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Purnama, Nursya`bani 2016. Manajemen Kualitas. Ekonosia. Yogyakarta
Santoso, 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin Di Semarang. Jurnal Ilmu administrasi Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.
Setiadi, Nuroho 2013. Perilaku Konsumen Konsep danStrategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D) Bandung: Alfabeta.
Sutisna, Sunyoto. 2013. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumarwan, Ujang. 2011 Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran,Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Swastha, Basu dan Irawan. 2011. Asas-asas Marketing. Yogyakarta : Liberty.
Swastha, Basu dan Sukotjo. 2011. Manajemen Pemasaran_Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Tandjung, Jenu Widjaja. 2014. Marketing Manajement : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Malang: Bayumedia Publishing.
Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI
Slamet, Puji Tri R (2015). Analisis Pengaruh Merk, Harga DanKualitas Produk Terhadap KeputusanPembelianNotebook Pada Mahasiswa Progam Studi Teknik Informatika UNP
Wijaya, T.2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1.Indeks Jakarta.