ABSTRAK
Nindy Maria Styawati : Determinan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pucanganak, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan.
Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa sumber ketidakpuasan seseorang berkaitan dengan harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan. Bila harga dirasa membebani bagi pasien akan menimbulkan ketidakpuasan, tetapi fasilitas yang lengkap serta kualitas pelayanan baik akan menjadikan pasien merasa nyaman dan merasa puas. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis (1) Determinan signifikan harga terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pucanganak (2) Determinan signifikan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pucanganak (3) Determinan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pucanganak(4) Determinan signifikan harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pucanganak. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh warga Desa Pucanganak yang berobat di Puskesmas Pucanganak. Sampel dari penelitian ini sebanyak 40 orang dengan menggunakan teknik purposive sample.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (1) Harga merupakan determinan dari kepuasan pasien, sehingga jika ada keringanan harga serta perbaikan harga maka akan menghasilkan kepuasan pasien. (2) fasilitas merupakan determinan dari kepuasan pasien, sehingga jika ada perbaikan serta penambahan fasilitas yang memadai maka akan membuat pasien merasa puas. (3) Kualitas pelayanan merupakan determinan dari kepuasan pasien, jika kualitas pelayanan yang diberikan baik kepuasan pasien akan tercapai. (4) Harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan merupakan determinan yang signifikan dari kepuasan pasien.
KATA KUNCI : Kepuasan Pasien, Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari.2013.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung.Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Jakarta : Rikaneka Cipta.
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan kasus-kasus pilihan.Yogyakarta:Penerbit CAPS
Kotler, P and G. Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Penerbit: PT.Indeks. kelompok Gramedia. Jakarta.
Kotler, P dan K.L. Keller . 2012. Marketing Management, Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
Kusuma, Rizal Wahyu & Suwitho. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan.
Lupiyoadi, Rambat. 2016.Manajemen Pemasaran Jasa:Berbasis Kompetensi,Edisi 3. Penerbit:Salemba Empat. Jakarta.
Prasojo, Aji. 2016. Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.UN PGRI Kediri.
Saleh, Muwafik, Akh. 2010. Public service Communication. Malang :UMM PRESS
Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Penerbit Salemba Empat. Cetakan Keempat.
Sekaran, Uma. 2011. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran.penerbit ANDI. Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit: Alfabeta. Bandung.
Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Seri manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Penerbit: Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.Yogyakarta.Penerbit ANDI.
Tjiptono, Fandy.2014.Pemasaran Jasa.Yogyakarta.Penerbit ANDI.
Utami, Christina Whidya.2017.Manajemen Ritel.Jakarta.Penerbit Salemba Empat
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Penerbit PT Indeks. Jakarta.